Manfaat Arang Aktif untuk Wajah

Sahabat MQ, pernahkah anda mencoba perawatan wajah menggunakan arang aktif?

Arang aktif atau karbon aktif merupakan bahan berbentuk serbuk hitam halus yang dihasilkan saat arang dipanaskan pada suhu tinggi. Paparan tersebut menciptakan banyak lubang di permukaan arang yang membuatnya memiliki kemampuan untuk mengikat racun. Kemampuan ini juga yang membedakan arang aktif dengan arang biasa.

Diketahui, terdapat beberapa masalah wajah yang dapat diatasi menggunakan arang aktif. Berikut beberapa manfaat arang aktif untuk wajah.

Pertama/ mengatasi jerawat

Jerawat merupakan hasil dari minyak, bakteri, dan sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori kulit. Itulah mengapa, kondisi ini dapat menyebabkan kemerahan, pembengkakan, iritasi, dan jaringan parut.

Dijelaskan dalam laman greatist, sifat antibakteri dari arang aktif bisa mengeluarkan bakteri yang terperangkap didalam pori-pori. Selain itu, arang aktif juga dapat memperbaiki warna kulit secara keseluruhan tentu dengan penggunaan yang tepat.

Kedua, mengatasi kulit berminyak

Menurut penjelasan laman best health, arang aktif memiliki kemampuan menarik minyak berlebih dari kulit dan menjadikannya lebih halus.

Oleh karenanya, untuk menyeimbangkan kulit berminyak, gunakan arang aktif sebagai pembersih atau masker. Namun, pastikan hanya menggunakannya maksimal dua kali seminggu agar tidak membuat kulit menjadi kering.

Ketiga, menenangkan dan menyembuhkan gigitan, luka, dan iritasi kulit

Ketika dioleskan sebagai pasta, arang aktif dapat membantu proses penyerapan racun dan infeksi. Mengoleskan arang aktif juga dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Untuk membuat pasta, campurkan serbuk arang aktif dengan air sedikit demi sedikit dan aduk sampai konsistensinya bisa dioleskan.

Namun, jika anda memiliki kulit yang sangat sensitif atau masalah kulit tertentu, sebaiknya konsultasikan pada dokter sebelum menggunakan bahan tersebut.

 

(Konten ini disiarkan dalam program MQPedia setiap Senin – Jumat pukul 08.30 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Mengapa Kucing Bersembunyi Sebelum Mati?

    Kucing merupakan salah satu hewan yang dipelihara oleh manusia. Jika kita mengamati secara seksama, kucing menghilang secara tiba-tiba jika sudah tua dan akan mati. Melihat…

    Read More
  • Siapa yang Pantas Menjadi Ulama?

    Sahabat MQ, tidak mudah menjadi ulama, bukan hanya mencapai derajatnya, namun juga tanggung jawab yang diembankan kepadanya. Ulama adalah pewaris para nabi, begitulah Nabi Muhammad shalallahu…

    Read More
  • Makna Ulama

    Sahabat mq istilah ulama saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Jika kita telisik, apakah makna dari ulama ini? Kata ulama merupakan bentuk jamak…

    Read More