Makanan dan Minuman Ini Tidak Boleh diberikan ke Kucing, Bikin Sakit Bahkan Mati Dadakan

Kucing (Felis silvestris catus)

Kucing adalah jenis hewan mamalia karnivora yang berasal dari keluarga Felidae. Habitat kucing adalah di darat yang biasanya berbaur dengan manusia sebagai peliharaan dan ada juga yang hidup liar. Istilah kucing ini biasanya tertuju pada hewan kucing kecil yang telah jinak dan dipelihara manusia tetapi sebenarnya istilah kucing juga bisa merujuk kepada kucing besar seperti singa dan harimau.

Kucing salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti angora persia, siam, manx, sphinx. Kucing seperti ini
biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung.

Kucing adalah hewan yang selalu ingin tau dengan apa yang majikannya makan, dari buah-buahan hingga makanan manis. Namun sebenarnya, mereka tidak punya indera pengecap untuk makanan yang manis, dan yang lebih lagi tidak baik untuk kesehatan mereka. Terdapat beberapa makanan yang sangar berbahaya untuk kucing, Berikut beberapa makanan dan minuman yang baiknya nggak pernah diberikan pada kucing. Kalau ngeyel, bisa-bisa kucingmu sakit bahkan mati.

Berikut adalah makanan yang tidak boleh dimakan oleh kucing:

Jangan Beri Susu Pada Kucing Dewasa

Apakah Susu Baik untuk Kucing? Tunggu Dulu! – Kembang Pete

Ketika sudah dewasa, kucing jadi intoleran terhadap zat laktosa yang terkandung dalam susu. Kalau dikonsumsi, susu bisa bikin kucing mengalami diare dan muntah.  Kalau pengen kasih susu, berikan yang nggak berlaktosa atau yang berlaktosa rendah saja.

Alpukat

7 Manfaat kesehatan buah alpukat | merdeka.com

Selain buah, biji, batang, dan kulit pohon alpukat mengandung zat persin yang berbahaya bagi kucing. Jika sampai kemakan, kucing bisa mengalami masalah serius seperti sulit bernapas dan paru-parunya yang dipenuhi air. Nggak cuma itu, biji alpukat pun bisa mendatangkan masalah jika nggak sengaja tertelan.

Cokelat

Nikmati 11 Manfaat Cokelat Hitam Bagi Kesehatan Halaman all - Kompas.com

Makanan yang mengandung cokelat memiliki theobromine yang berbahaya karena dapat memicu diare, muntah, gagal jantung hingga meninggal

Telur Mentah

Manfaat dan Bahaya Konsumsi Telur Mentah Bagi Kesehatan

Telur mentah mengandung bakteri salmonella yang dapat membuat kucing menderita penyakit kulit bila sering mengonsumsinya.

Daging dan ikan mentah

Daging Merah, Unggas, dan Ikan, Mana yang Tingkatkan Risiko Sakit Jantung?

Daging dan ikan mentah mengandung bakteri dan parasite yang menyebabkan penyakit pada kucing. Selain itu lemak pada daging akan menyebabkan peradangan pancreas. Meskipun kucing akan memakannya tapi daging dan ikan mentah tetap tidak sehat untuk kucing.

Kopi atau Kafein Lainnya

6 Manfaat Kopi untuk Menjaga Kesehatan Mental | Popmama.com

Dalam kopi terkandung theobromina dan teofilin yang dapat membuat kucing gagal jantung. Untuk mengindentifikasinya, kamu bisa melihat dari tingkah kucing atau detak jantungnya.

Sahabat MQ, kalau dilihat sekilas, makanan-makanan ini nggak tampak berbahaya bagi kucing. Si kucing pun bisa jadi doyan melahapnya. Tapi kalau sampai dikonsumsi terus-terusan, kucing bisa jadi sakit bahkan mati. Oleh sebab itu, mulai perhatikan makanan atau minuman yang dikonsumsi kucing kesayanganmu.

ARTIKEL TERBARU