Kiat Sukses di Kantor untuk Introver

Sahabat MQ, orang-orang yang memiliki kepribadian introvert terkadang sering diidentikkan dengan label antisosial, karena dianggap tidak mampu bekerjasama dalam sebuah tim di lingkungan kerja. Hal ini juga kerap menjadi penghambat dan penurun rasa kepercayaan diri orang dengan kepribadian ini. Berikut kiat sukses bekerja di kantor bagi orang-orang dengan kepribadian introver.

  • Menjadi pendengar dan penganalisis yang baik  

Seseorang dengan kepribadian introver biasanya tidak suka tampil langsung dalam kegiatan meeting. Untuk memberikan manfaat terbaik, anda dapat menonjolkan kekuatan anda pada sisi menjadi seorang pendengar yang baik.

Dengan menyerap informasi sebanyak-banyaknya dari diskusi yang sedang berlangsung, membuat analisis menyeluruh, dan menyampaikan solusi yang dapat anda tawarkan. Penjelasan singkat, padat, dan berbasis analisis mendalam, jauh lebih impresif daripada pernyataan panjang lebar tanpa menemukan solusi.

  • Berlatih untuk keluar dari zona nyaman

Keluar dari zona nyaman mungkin menjadi bagian tersulit bagi seorang introver. Akan tetapi, hal ini perlu anda latih sedikit demi sedikit. Karena terkadang, hal yang selama ini sangat dihindari justru merupakan suatu hal yang memang seharusnya anda lakukan.

  • Menjadwalkan waktu sendirian

Agar dapat bekerja dengan fokus seratus persen atau mengisi ulang ‘baterai’ energi anda dalam bekerja, anda perlu menyiapkan beberapa waktu sendiri setiap harinya. Salah satu ‘me time’ singkat tetapi tidak memerlukan waktu yang banyak adalah dengan jalan kaki di sekitar kantor.

  • Memilih peran yang sesuai

Untuk menunjukan performa terbaik dari dalam diri, seseorang dengan kepribadian introvert perlu memilih peran yang sesuai, untuk menemukan kelebihan dan menyesuaikannya dengan pekerjaan.

Sahabat MQ, allah menciptakan seluruh makhluk termasuk hamba-hambanya dengan sifat dan kepribadian yang berbeda-beda, terdapat kekurangan juga kelebihan. Fungsinya agar makhluk allah khususnya manusia senantiasa bermujahadah dan  terus berproses untuk lebih baik lagi dan tetap rendah hati dengan segala kelebihan yang Allah titipkan.

 

(Konten ini disiarkan dalam Program Inspirasi Siang, setiap Senin – Jumat pukul 13.00 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Mengapa Kucing Bersembunyi Sebelum Mati?

    Kucing merupakan salah satu hewan yang dipelihara oleh manusia. Jika kita mengamati secara seksama, kucing menghilang secara tiba-tiba jika sudah tua dan akan mati. Melihat…

    Read More
  • Siapa yang Pantas Menjadi Ulama?

    Sahabat MQ, tidak mudah menjadi ulama, bukan hanya mencapai derajatnya, namun juga tanggung jawab yang diembankan kepadanya. Ulama adalah pewaris para nabi, begitulah Nabi Muhammad shalallahu…

    Read More
  • Makna Ulama

    Sahabat mq istilah ulama saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Jika kita telisik, apakah makna dari ulama ini? Kata ulama merupakan bentuk jamak…

    Read More