KEMAHA BESARAN ALLAH SWT

Alloh swt adalah Zat yang Maha Lembut terhadap hamba-hambaNya, dan dialah yang memberi rezeki kepada siapa yang dikehendakiNya, serta Dialah Alloh Yang Maha Kuat lagi Maha Perkasa. Alloh swt zat yang maha kuat, tidak ada yang bisa melemahkannya, tak ada yang bisa mengalahkan Alloh swt, tidak ada yang bisa menolak apa yang dikehendakiNya, dan tidak ada yang bisa mencegah apa yang diinginkanNya, maha sempurna, apapun yang dikehendakiNya pasti terjadi. Tidak ada yang bisa lari dari kekuasaan Alloh swt.

Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu

Jika  Alloh menghendaki sesuatu maka pasti terjadi, jikalau Alloh menolong seorang hambaNya, pasti tertolong, kalau Alloh mengangkat derajat hambaNya, pasti mulia, kalau Alloh menghinakan hambaNya, pasti hina. Tidak ada yang bisa terjadi tanpa kekuatan dari Nya.

Sebagaimana Allah swt berfirman :

إِنْ يَنْصُرْكُمُ اللَّهُ فَلَا غَالِبَ لَكُمْ ۖ وَإِنْ يَخْذُلْكُمْ فَمَنْ ذَا الَّذِي يَنْصُرُكُمْ مِنْ بَعْدِهِ ۗ وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ

Artinya :

“Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakkal.( Q.S Ali-Imran Ayat 160)

Tidak ada yang bisa menandingi kekuasaan Allah swt

Kekuasaan Allah tidak akan ada yang bissa menandinginya, bahkan bergabungnya  jin dan manusia tidak akan bisa melawan Alloh swt. Kita ini tidak ada apa-apanya, betapa lemah kita ini, yang membuat hebat pandangan kita dihadapan Alloh itu justru Iman. Kita diberikan otot, kekuatan, kepintaran itu tidak boleh sombong, karena semua itu adalah alat supaya kita kuat mengabdi kepada Alloh swt, dan hati kita harus yakin, bahwasannya Alloh lah Yang Maha Kuat, kalaupun ada manusai yang kuat, maka kuatnya itu karena Allah yang menguatkan.

Tidak ada yang bias manusia lakukan kecuali pertolongan Allah swt

Kita tidak bisa berbuat taat kecuali dengan pertolongan Alloh, terhindarnya kita dari maksiat juga hanya dengan pertolongan Alloh swt. Maka mulai sekarang andalkan Alloh dalam segala hal karena Dia yang punya segala-galanya, Alloh pemilik segala-galanya, Alloh penguasa segala-galanya, dan Alloh penentu segala-galanya.

Allah swt berfirman :

مَا يَفْتَحِ اللَّهُ لِلنَّاسِ مِنْ رَحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا ۖ وَمَا يُمْسِكْ فَلَا مُرْسِلَ لَهُ مِنْ بَعْدِهِ ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Artinya :

Apa saja di antara rahmat Allah yang dianugerahkan kepada manusia, maka tidak ada yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan-Nya maka tidak ada yang sanggup untuk melepaskannya setelah itu, dan Dialah yang Maha perkasa, Mahabijaksana. (Q.S Fathir ayat 2)

Dan sekiranya Alloh menimpakan kemudharatan, tidak ada yang dapat mencegah kemudharatan itu kecuali Alloh sendiri. Dan jika Alloh menghendaki kebaikan, maka Alloh akan memberikan kebaikan. Tidak ada yang dapat menolak ketetapan Alloh, semua harus yakin, jika menginginkan sesuatu harus yakin keinginan itu tidak akan terjadi tanpa izin Alloh, hanya Allohlah yang maha tahu apa yang terbaik bagi kita, bersemangatlah dengan apa yang bermanfaat bagimu.

Dalam Q.S Az-Zariyat Ayat 56-58 Allah swt berfirman :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ * مَا أُرِيدُ مِنْهُم مِّن رِّزْقٍ وَمَا أُرِيدُ أَن يُطْعِمُونِ * إِنَّ اللهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ

Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku. Aku tidak menghendaki rezeki sedikit pun dari mereka dan Aku tidak menghendaki agar mereka memberi makan kepada-Ku. Sungguh Allah, Dialah Pemberi rezeki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh” (QS. Al Dzariyat: 56-58)

 

ARTIKEL TERBARU