Kegiatan Sederhana Tapi Bermakna untuk Merayakan Hari Ibu

Ibu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah wanita yang telah melahirkan seseorang, maka anak harus menyayangi ibu, sebutan untuk wanita yang sudah bersuami. Panggilan yang takzim kepada wanita baik yang sudah bersuami maupun yang belum.

Ibu adalah seseorang yang mempunyai banyak peran, peran sebagai istri, sebagai ibu dari anak-anaknya, dan sebagai seseorang yang melahirkan dan merawat anak-anaknya. Ibu juga bisa menjadi benteng bagi keluarganya yang dapat menguatkan setiap anggota keluarganya.

Peranan ibu dinilai paling penting, melebihi peranan yang lain. Sering dikatakan bahwa ibu adalah jantung dari keluarga. Jantung dalam tubuh merupakan alat yang sangat penting bagi kehidupan seseorang.Apabila jantung berhenti berdenyut maka orang itu tidak bisa melangsungkan hidupnya.Perumpamaan ini menyimpulkan bahwa kedudukan seorang ibu sebagai tokoh sentral dan sangat penting untuk melaksanakan kehidupan. Pentingnya seorang ibu terutama terlihat sejak kelahiran anaknya.

Melihat betapa pentingnya peranan ibu, tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibu. Begitu besarnya peran dan jasa seorang ibu, hingga apa yang dilakukan ini layak mendapatkan penghargaan bahkan dijadikan suatu perayaan tersendiri. Tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai perayaan Nasional berdasarkan Kongres Perempuan Indonesia 1928 pada ulang tahunnya yang ke-25. Karena setiap wanita tentunya kelak akan menjadi seorang ibu. Gunakan beberapa kegiatan sederhana berikut untuk memaknai hari ibu kali ini:

Buatkan Ibu Masakan Terbaikmu

Tips Mengajari Anak Memasak | Republika Online

Biasanya setiap hari ibu yang memasak untuk kamu, coba dikesempatan ini, kamu belajar memasak dan sajikan masakan terbaikmu untuk Ibu. Ibu pasti akan merasa senang dan menerima masakanmu dengan senyum yang menawan.

Memberikan Hadiah Spesial

5 Hadiah Saat Hari Ibu untuk Kamu Anak Perantauan - Facetofeet.com

Kamu bisa membeli atau bahkan membuat dengan tanganmu sendiri hadiah untuk Ibu. Berikan kado yang sederhana namun berharga. Tak perlu mahal asal tulus dalam membuatnya akan membuat Ibu merasa bahagia. Hadiah juga bisa dalam bentuk surat cinta untuk ibu, puisi atau bahkan lagu khusus yang kamu persembahkan untuk Ibu.

Berbenah Rumah

Anak Laki-laki Juga Perlu Diajarkan Bersih-bersih Rumah | theAsianparent  Indonesia

Baik ibumu adalah seorang wanita karir ataupun ibu rumah tangga, tentu beliau akan selalu sibuk dengan kegiatan berbenah rumah setiap harinya. Tujuannya hanya satu, istana mungilnya dapat dihuni dengan nyaman oleh keluarga, termasuk oleh Kamu. Nah, sekarang saatnya Kamu memberikan kado kejutan manis supaya wanita tercantikmu ini dapat beristirahat total dalam satu hari tersebut. Ambil alih tugasnya sebagai kado untuk ibu. Bangunlah sedini mungkin dan mulailah beberes rumah, mulai dari kamarmu hingga ke taman. Mencuci piring hingga mengepel bisa menjadi kegiatan yang Kamu lakukan untuk menggantikan tugas ibumu. Sehingga ketika terbangun, ibumu dapat takjub melihat keadaan rumah begitu bersih dan rapi. Tapi, jangan berhenti sampai situ saja. Kamu harus selalu siap siaga membersihkan dan membenahi rumah sepanjang hari itu, agar Ibu benar-benar tidak perlu berbenah di hari istimewa baginya tersebut.

Pergi Traveling

Traveling Bawa Anak, Ini yang Harus Ibu Persiapkan - Alodokter

Pergi ke suatu tempat yang indah bersama ibu tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Pilihlah destinasi yang masih alami dan jauh dari hingar bingar kesibukan ibu kota. Mungkin pergi ke private island bersama ibu bisa menjadi hadiah di Hari Ibu.

ARTIKEL TERBARU

  • Cara Sederhana Menumbuhkan Rasa Empati Anak

    Sahabat MQ, menumbuhkan dan mengajarkan rasa empati pada anak sangatlah penting. Dengan adanya rasa empati, anak dapat membangun dan menjalin hubungan dengan orang-oramg di sekitar.…

    Read More
  • Mencontoh Rasulullah dalam Bercanda

    Sahabat MQ, bercanda memang diperlukan dalam hidup. Namun ternyata esensi dari bercanda itu tidak identik dengan lucu, tapi bercanda itu untuk bahagia. Maka, seperti apakah…

    Read More
  • “Prank” dalam Islam

    Sahabat MQ, dalam pergaulan sehari-hari, seringkali kita melakukan sesuatu untuk membuat orang tertawa atau agar membuat suasana lebih cair dengan cara menjaili teman kita atau…

    Read More