Islamophobia : Takut yang Tak Berdasar

Sahabat MQ, masih ingatkah peristiwa nine-eleven pada 11 september 2001 di New York? Peristiwa yang berdampak pada islamophobia. Sebenarnya, ketakutan terhadap segala sesuatu tentang islam atau islamophobia  adalah ketakutan berlebihan yang tidak memiliki dasar berpikir yang kuat tentang islam.

Genderang kebencian dikumandangkan untuk mempersempit gerak juang islam dalam menyiarkan agama dan hukumnya. Islamophobia diperkuat dengan kejadian-kejadian teror yang menyita perhatian dunia.

Dalam sejarah di Indonesia, wabah islamophobia itu sesungguhnya bisa dilacak hingga jauh pada masa pemerintahan kolonial hindia-belanda. Melalui surat-suratnya, penasehat kolonial saat itu, Dr. Snouck Hurgronje menyarankan pada pemerintah kolonial belanda agar tetap mengawasi perkembangan umat islam.

Pemerintah kolonial melakukan pengawasan itu melalui pembukaan ‘kantoor voor inlandsche zaken’ di mana Snouck Hurgronje kemudian ikut berperan aktif di dalamnya. Pembukaan kantor itu sebagai upaya peminggiran peran umat islam dalam berbagai segi kehidupan.

Hanya kelompok islam tertentu (islam abangan dan islam priyayi) saja yang diberi ruang untuk bisa berkiprah ke dalam birokrasi, akademisi, maupun segi-segi kehidupan lainnya. Sedangkan islam santri yang begitu kuat keislamannya, justru dibatasi perannya dalam kehidupan sosial-politik.

Bagi dunia islam, tumbuhnya islamophobia layak mendapatkan perhatian serius. Sikap tersebut tidak hanya merusak citra agama islam sebagai agama yang cinta damai dan antikekerasan, tetapi juga akan merugikan dunia islam dalam percaturan global khususnya di bidang politik, ekonomi, perdaganga,  ilmu pengetahuan, serta sains dan teknologi.

 

(Konten ini disiarkan dalam Segmen Mozaik Islam, setiap Sabtu – Ahad pukul 17.00 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Kiat Sukses di Kantor untuk Introver

    Sahabat MQ, orang-orang yang memiliki kepribadian introvert terkadang sering diidentikkan dengan label antisosial, karena dianggap tidak mampu bekerjasama dalam sebuah tim di lingkungan kerja. Hal…

    Read More
  • Menumbuhkan Rasa Cinta Keluarga

    Sahabat MQ, hubungan yang sehat, langgeng, dan harmonis, tentu menjadi impian semua keluarga, terkhusus bagi setiap pasangan. Memang bukan suatu hal yang mudah untuk mewujudkan…

    Read More
  • Tiga Level Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

    Sahabat MQ, pengelolaan keuangan menjadi satu hal yang mudah diucapkan, akan tetapi terkadang masih tidak terlalu diperhatikan untuk segera dilakukan/. Sebenarnya, pengelolaan keuangan tidak ada…

    Read More