Hidup Berkah dengan Sedekah

Sedekah berasal dari bahasa arab, yang diambil dari kata “Shadaqah”yang memiliki arti pemberian sesuatu dari seseorang kepada orang lain semata-mata untuk mendapatkan ridha Allah SWT dan tanpa mengharapkan apapun dari orang yang diberi baik itu imbalan berupa harta benda maupun pujian. Jadi dalam hal ini yang terpenting adalah pemberian dan keikhlasan. Jika di dalam sedekah tidak ada salah satu dari kedua unsur tersebut, maka sedekah akan sia-sia. Memberi saja namun tidak ada keikhlasan dari yang memberi terlebih lagi menyebut-nyebutkan apa yang telah diberikan kepada orang lain (ria), maka sedekah boleh jadi tidak diterima dan tidak termasuk nilai amal ibadah oleh Allah SWT. Sesuai dalam ayat Al- Qur’an surat Al- Baqarah ayat 264 yang artinya:

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima).”

Dalam islam tidak menentukan berapa jumlah yang harus dikeluarkan, tidak pula menentukan apa jenis dan waktu untuk melakukannya. Sedekah dapat berupa uang, pakaian, benda ang bermanfaat, bahkan sumbangan ide, perkataan baik, permohonan maaf, pengorbanan tenaga, waktu dan semua jenis jasa juga termasuk sebuah sedekah.

Sedekah tidak tertutup hanya harta yang bersifat materi namun juga amalan kebaikan yang nonmateri. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah memiliki arti sebagai berikut.

Rasulullah SAW bersabda, “Setiap anggota badan manusia diwajibkan bersedekah setiap harinya selama matahari masih terbit; kamu mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah; kamu menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah; setiap langkah kakimu menuju tempat sholat juga dihitung sedekah; dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Melalui hadis ini dapat disimpulkan bahwa sedekah merupakan amalan yang luas jangakauannya, tidak terbatas pada harta benda saja. Setelah mengetahui ruang lingkup sedekah, kita akan memaparkan rahasia sedekah agar berkah dan selalu menambahkan kebaikan.

ARTIKEL TERBARU