Hati-hati Terjebak dalam Perkara yang Menyekutukan Allah

Sahabat MQ, tayangan-tayangan stasiun televisi yang berbau mistik, kini sangat digemari masyarakat. sehingga tidak heran jika tayangan-tayangan tersebut mendapatkan rating yang cukup tinggi.

Seperti tayangan di salah satu stasiun televisi misalnya, tayangan yang menghadirkan paranormal dan partisan untuk menceritakan pengalaman pribadi ini, dinilai bertentangan dengan aqidah islam dan secara tidak langsung mengarah kepada perbuatan syirik atau percaya kepada selain Allah.

Ya. Dalam islam, mendatangi dukun, tukang sihir, peramal, paranormal, dan membenarkan ucapan mereka termasuk perbuatan kufur atau mendustakan agama.

Berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang artinya:

“Barangsiapa yang mendatangi dukun atau tukang ramal, kemudian membenarkan ucapannya, maka sungguh dia telah kafir terhadap agama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

Hukum Syirik dalam Islam

Dalam islam, tauhid adalah perintah Allah yang paling besar. Sebaliknya, syirik atau kemusyrikan adalah larangan Allah yang paling besar. Pelaku syirik ini sangat dibenci Allah ta’ala, bahkan menjadi doa besar yang tidak terampuni, kecuali bertaubat sebelum kematian tiba.

Dalam surat Luqman ayat 13, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman tentang nasihat Luqman kepada putranya agar tidak berbuat syirik:

“Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya di waktu ia memberi pelajaran kepadanya. Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kelaliman yang besar.”

Diriwayatkan juga oleh Abu Hurairah radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

“Jauhilah tujuh perkara yang membawa kehancuran, yaitu; syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan sebab yang dibenarkan oleh agama, makan riba, makan harta anak yatim, membelot dari peperangan, menuduh zina terhadap wanita yang terjaga dirinya dari perbuatan dosa dan tidak memikirkan untuk melakukan dosa dan beriman kepada Allah.”

Sahabat MQ, semoga Allah senantiasa menjaga kita dari perbuatan syirik.

 

(Konten ini disiarkan dalam program Mozaik Islam setiap Sabtu-Ahad pukul 17.00 WIB)

ARTIKEL TERBARU