Hal yang Perlu Kita Hindari Ketika sedang Mendengarkan Curhat

Curhat kepada orang yang kita percaya menjadi solusi mencurahkan masalah yang sedang kita alami. Tapi tak jarang, orang yang sudah kita percaya ternyata membuat kita kecewa. Tidak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik. Tak sedikit orang yang menyepelekan curhat seseorang. Saat ada teman datang untuk curhat padamu, segera beri dia dukungan moral. Setiap orang memiliki ketahanan yang berbeda-beda dalam menghadapi suatu masalah. Terlepas dari bagaimana cara orang lain memandang masalah tersebut, sebaiknya kita tidak boleh menyepelekannya.

Untuk menjadi pendengar yang baik, ada beberapa hal yang perlu Kamu hindari ketika sedang mendengarkan curhat. Sebisa mungkin harus dihindari agar Kamu tidak mengecewakan teman yang sudah menaruh rasa percaya untuk cerita kepadamu. Berikut beberapa hal yang perlu kita hindari ketika sedang mendengarkan curhat:

Jangan Potong Pembicaraan Teman Sewaktu Dia sedang Curhat

Sering sekali ketika curhat si pendengar malah balik untuk bercerita merasa tidak sabar untuk mendapatkan peluang berbicara. Hal ini bisa membuat temanmu malas atau tidak nyaman untuk bercerita kepadamu lagi, cukup diam dan fokus mendengarakan pembicaraan dia, pastikan terlebih dahulu apakah dia sudah selesai bercerita atau belum, ketika dia sudah menyelesaikan ceritanya tanyakan apakah dia sudah merasa membaik ketika bercerita kepadamu. Berilah perhatian penuh dan tunda dulu hal lain yang dapat memecah fokus perhatianmu. Tunjukkan bahwa kamu peduli dan benar-benar mampu menjadi tempat curhat yang baik.

Jangan Membandingkan Masalah yang Temanmu Punya dengan apa yang Kamu atau Orang Lain punya

Setiap orang memiliki masalah yang berbeda, jangan membandingkan masalah orang lain dengan apa yang terjadi pada diri kita atau orang lain, hal ini sangat menyebalkan ketika kamu sedang curhat tetapi temanmu berbalik membandingkan dengan masalah yang dia atau orang lain punya, hindari juga kata-kata seperti  “Aku juga pernah gitu loh”, “Aku malah lebih parah dari kamu”, “Ah itumah masalah sepele”, “Ah temenku yang itu lebih sedih dari kamu”, “Ahh dia juga pernah curhat ke aku dan lebih parah”.

Hindari Melakukan Aktivitas Lain disaat ia Bercerita

Saat kamu sedang mengerjakan sesuatu di saat seseorang datang padamu maka segera selesaikan pekerjaan tersebut atau hentikan sementara. Lalu dengarkan apa yang akan dikatakannya. Mendengarkan seseorang yang sedang curhat masalahnya padamu tidaklah sulit. Tunda dulu melakukan aktivitas lain yang membuatnya tidak nyaman saat bercerita. Hal ini penting agar temanmu merasa kamu benar-benar menghargainya. Jangan semakin membuatnya bersedih dan depresi karena kamu tidak peduli saat ia sedang bercerita kepadamu.

Jangan Mudah Memberi Keputusan dan Saran Tanpa Diminta

Memberikan keputusan dan saran memang terkesan mudah dilakukan oleh seseorang yang sedang tidak mengalami masalah tersebut. Tetapi sebaiknya jangan gegabah dalam memutuskan dan menasihati orang. Mudah bagi kita belum tentu mudah bagi mereka dan belum tentu pula saran tersebut baik. Kamu harus mempertimbangkan dari berbagai sudut pandang baru boleh memutuskan dan memberi saran.

ARTIKEL TERBARU