Hal Ini Jadi Tanda Anda Kelelahan Secara Mental

Hai sahabat MQ, pernahkah kamu merasakan kelelahan, tidak semangat, dan kesulitan tidur? Pernahkah kamu merasa kelelahan sepanjang hari padahal kamu sudah beristirahat dengan cukup? Atau pernahkah kamu merasa kehilangan konsentrasi dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaanmu? Hal tersebut bisa jadi indikasi bahwa kamu sedang kelelahan mental. Kelelahan mental merupakan kondisi di mana seseorang merasakan kondisi kelelahan secara emosional akibat kondisi kehidupannya.  Sebaiknya waspada terhadap kondisi kelelahan mental yang bisa dialami oleh siapa saja. Kesehatan mental menjadi masalah yang belakangan ini sering kali dialami oleh sebagian orang. Apalagi, dengan adanya pandemi Covid-19 membuat masyarakat dipaksa untuk beradaptasi dengan kebiasaan yang baru.

Berikut beberapa hal yang menjadi tanda-tanda bahwa kamu sedang lelah secara mental:

Mudah Marah

Orang yang mengalami kelelahan mental cenderung lebih perasa. Misalkan, jika kesalahan-kesalahan kecil terjadi di sekitar, dengan mudahnya orang tersebut menjadi gampang jengkel atau marah. Saat mental sedang lelah, hal-hal kecil menjadi tidak dapat dimaklumi. Apabila mendapati diri kehilangan kesabaran pada hal-hal yang sebelumnya tidak menjadi masalah, bisa jadi itu tanda kelelahan mental.

Kehilangan Motivasi

Saat mengalami kelelahan mental, kamu akan lebih mudah kehilangan motivasi atas apa yang akan dikerjakan. Selain itu, kamu juga akan merasa hasil yang kamu kerjakan pasti akan buruk, meskipun kamu telah mengerjakannya dengan sebaik mungkin.

Tiba-Tiba Menangis tanpa alasan

Ketika sedang lelah secara mental, seringkali kamu merasa dalam situasi yang paling buruk dalam hidup sehingga membuat kamu lebih sensitif dengan hal-hal kecil. Hal ini seringkali membuat kita kehilangan kekuatan untuk menghadapi masalah tersebut dan salah satu mekanisme yang digunakan dapat melawannya adalah dengan menangis, bahkan seringkali secara tiba-tiba dan tanpa disadari.

Sulit Tidur

Apabila Anda sering begadang atau tidak bisa tidur, kemungkinan mental Anda sedang mengalami keletihan. Hal itu dikarenakan ketika sedang beristirahat, pikiran cemas masih bekerja.

Susah Berkonsentrasi

Terlalu banyak situasi yang membuat tekanan nyatanya dapat membuat kamu kesulitan untuk berkonsentrasi. Cobalah untuk mengatasi situasi secara perlahan agar kamu dapat mengerjakan dan mengatasi semuanya dengan lebih baik dan penuh konsentrasi.

Tidak ingin berinteraksi dengan orang lain

Kelelahan secara mental dapat membuatmu malas berinteraksi dengan orang lain. Kamu merasa ingin menyendiri dan menghindar dari orang-orang sekitar.

Sumber:Radio 102,7 MQ FM Bandung, Inspirasi Siang, 13.00 WIB

ARTIKEL TERBARU

  • Cara Sederhana Menumbuhkan Rasa Empati Anak

    Sahabat MQ, menumbuhkan dan mengajarkan rasa empati pada anak sangatlah penting. Dengan adanya rasa empati, anak dapat membangun dan menjalin hubungan dengan orang-oramg di sekitar.…

    Read More
  • Mencontoh Rasulullah dalam Bercanda

    Sahabat MQ, bercanda memang diperlukan dalam hidup. Namun ternyata esensi dari bercanda itu tidak identik dengan lucu, tapi bercanda itu untuk bahagia. Maka, seperti apakah…

    Read More
  • “Prank” dalam Islam

    Sahabat MQ, dalam pergaulan sehari-hari, seringkali kita melakukan sesuatu untuk membuat orang tertawa atau agar membuat suasana lebih cair dengan cara menjaili teman kita atau…

    Read More