Di mana Jodohku?

Sahabat MQ, jodoh adalah rahasia Allah. Terkadang kita sudah melakukan berbagai ikhtiar, namun jodoh tak juga kunjung tiba.

Ikhtiar sudah menyerahkan CV pada guru tapi tak kunjung membuahkan hasil. Justru menolak dan ditolak, entah sudah berapa kali, padahal keinginan menikah sudah ada, namun rasanya sulit menemukan pasangan idaman.

Dimana jodohku sebenarnya? Apakah ada yang salah dalam diri ketika mencari jodoh?

Luruskan Niat Menikah

Sahabat MQ, sesungguhnya perkara jodoh sudah Allah gariskan jauh sebelum kita lahir. oleh karena itu/ hal pertama yang harus kita lakukan ketika ingin menikah adalah meluruskan niat. Ya, meniatkan menikah untuk mencari rida Allah subhanahu wa ta’ala.

Karena, menikah adalah ibadah dan perintah dari Allah dan Rasul-Nya. Allah Ta’ala memerintahkan kita untuk menikah dalam firmannya,

“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-nya) lagi Mahamengetahui.” (Qs. An-Nur : 32)

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam juga memerintahkan kita untuk menikah, beliau bersabda?

“Wahai para pemuda, barang siapa yang sudah sanggup menikah, maka menikahlah. Karena itu lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa itu obat pengekang nafsunya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Jika niat sudah benar, apapun kekurangan yang ada pada calon pasanganmu, maka bersikap longgarlah, selama ia adalah orang yang mau diajak bersama-sama mencari rida Allah. Karena sesungguhnya, tidak ada manusia yang sempurna.

Bertaubat pada Allah

Sahabat MQ, sulit jodoh bisa jadi termasuk musibah dan musibah terjadi karena maksiat, maka perbanyaklah bertaubat kepada Allah dari semua maksiat.

Allah ta’ala berfirman:

“Dan musibah apa saja yang menimpa kalian, maka disebabkan oleh perbuatan tangan kalian sendiri, dan allah mema’afkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (Qs. Asy-syuura : 30)

Akuilah semua dosa-dosa dan kesalahan selama ini, baik yang kecil, terutama dosa yang besar. Tinggalkan itu semua dan sesalilah. Bertaubatlah kepada Allah,  semoga Allah angkat musibah tersebut.

Menjauhi Maksiat

Kita juga harus menjjauhi maksiat-maksiat dalam proses mencari pasangan seperti, pacaran, berdua-duaan, ngobrol langsung atau via chat dengan lawan jenis tanpa kebutuhan, melihat-lihat foto lawan jenis, berbohong dan menipu demi tampil baik di hadapan calon pasangan, dan sebagainya.

Sahabat MQ, orang yang banyak bertaubat dan meminta ampunan kepada Allah akan diberikan kemudahan dalam memperoleh keturunan dan jodoh tentunya. Karena tidaklah orang memiliki keturunan, kecuali ia menikah terlebih dahulu.

Allah Janjikan Jalan Keluar

Sahabat MQ, kita akui sulit menemukan jodoh adalah masalah. Dan Allah menjanjikan jalan keluar dari masalah bagi orang yang bertaqwa. Allah ta’ala berfirman:

“Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, maka Allah akan memberikan jalan keluar baginya dan akan memberinya rezeki dari jalan yang tidak ia duga.” (Qs. Ath Thalaq : 2-3)

Maka di momen inilah sebaiknya kita memperbaiki diri sendiri, belajar ikhlas dalam beramal, dan melakukan amalan lebih baik lagi karena Allah.

Pilih yang Baik Agamanya

Sahabat MQ, hal yang perlu kita perhatikan ketika sedang menjemput jodoh adalah dengan mengutamakan sisi agamanya. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Wanita biasanya dinikahi karena empat hal; karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya, dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang bagus agamanya (keislamannya). Kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadis lain,

“Jika datang kepada kalian seorang lelaki yang kalian ridhai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah ia. Jika tidak, maka akan terjadi fitnah dan kerusakan di muka bumi.” (HR. Tirmidzi)

Sahabat MQ, carilah pasangan yang salih atau salihah yang mau taat kepada Allah dan Rasulullah, mau tunduk kepada Alquran dan sunnah.

Semoga Allah mudahkan langkah sahabat yang tengah menjemput jodoh impian. Allah berikan pasangan terbaik bersama di dunia hingga ke akhirat.

ARTIKEL TERBARU