berdakwah di media sosial

Dakwah Melalui Berbagai Media

Sahabat MQ, berdakwah dengan media merupakan dakwah kreatif yang dapat kita manfaatkan untuk menyebarkan ajaran islam rahmatallil ‘alamain dengan menarik, cepat, luas, dan efektif.

Bagaimana cara kita berdakwah melalui media sosial?

Hampir sebagian besar masyarakat saat ini terbuka dengan teknologi. Bahkan hampir setiap orang memiliki ponsel pintar dengan segala fitur terbaru yang ditawarkan. Dan tak lupa dengan ponsel juga kita kerap menggunakan media sosial, seperti facebook, youtube, twiter, instagram, whatshapp, dan lain sebagainya.

Terlepas dari anggapan-anggapan bahwa aplikasi tersebut membawa sesuatu yang negatif, tapi aplikasi ini bisa menjadi sangat bermanfaat jika kita menggunakannya secara bijak, seperti untuk mengajak orang lain untuk berbuat baik.

Memanfaatkan ruang media sosial sebagai bagian dakwah adalah sebuah strategi yang positif, dari pada bergosip, menghujat, menyebarkan ujaran kebencian, bahkan hoaks.

Kita bisa membuat postingan-postingan positif, melalui tulisan maupun poster di dalam akun media sosial kita.

Selain media sosial,  terdapat media lain yang bisa kita gunakan untuk menyebarkan kebaikan, seperti; televisi, radio, majalah, koran, dan lainnya. Media-media tersebut juga dapat menjangkau khalayak dengan cepat. Bahkan mampu menggiring opini publik dengan informasi yang disampaikan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memanfaatkan media massa dengan bijak. Dengan berpihak kepada kebaikan, kebenaran, dan keadilan universal sesuai dengan fitrah dan kehanifaan manusia dengan selalu taat kepada kode etik.

Dan tugas terpenting bagi kita sebagai seorang muslim adalah terus belajar ilmu agama, agar setiap yang kita sampaikan, baik di media sosial atau sebagai pekerja media, selalu menghadirkan kata-kata yang baik sesuai dengan ajaran agama.

Sahabat MQ, sebarkanlah kebaikan, karena ketika kita menyebarkan kebaikan dan orang lain melakukannya, maka mengalirlah amal yang tidak akan pernah terputus.

 

(Konten ini disiarkan dalam Segmen Mozaik Islam, setiap Sabtu – Ahad pukul 17,00 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Mengapa Kucing Bersembunyi Sebelum Mati?

    Kucing merupakan salah satu hewan yang dipelihara oleh manusia. Jika kita mengamati secara seksama, kucing menghilang secara tiba-tiba jika sudah tua dan akan mati. Melihat…

    Read More
  • Siapa yang Pantas Menjadi Ulama?

    Sahabat MQ, tidak mudah menjadi ulama, bukan hanya mencapai derajatnya, namun juga tanggung jawab yang diembankan kepadanya. Ulama adalah pewaris para nabi, begitulah Nabi Muhammad shalallahu…

    Read More
  • Makna Ulama

    Sahabat mq istilah ulama saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Jika kita telisik, apakah makna dari ulama ini? Kata ulama merupakan bentuk jamak…

    Read More