Cara Sederhana Hilangkan Embun pada Jam Tangan

Sahabat MQ, selain ponsel, benda lain yang menjadi barang wajib bagi sebagian orang adalah jam tangan. Bagi mereka yang memiliki jadwal meeting segudang membutuhkan jam tangan yang berguna untuk memastikan kegiatan mereka berjalan tepat waktu.

Tetapi bagi orang yang sering keluar masuk ruangan ber-ac, di mana suhunya seringkali lebih rendah dari suhu di luar, pemakaian jam tangan kerap menimbulkan masalah, yakni seringnya membuat kaca jam menjadi berembun. Berikut cara sederhana menghilangkan embun pada kaca jam:

  • Menggunakan beras

Beras yang merupakan makanan pokok kita sehari-hari. Selain dapat membuat kita merasa kenyang, ternyata beras juga dapat digunakan untuk menghilangkan embun pada kaca jam tangan.

Caranya: siapkan satu liter beras, kemudian masukkan beras ke dalam sebuah wadah, rendam jam tangan dalam beras selama kurang lebih 6 jam. Setelah itu,  barulah angkat dan lap bersih jam hingga bersih.

  • Menjemurnya dibawah sinar matahari

Selain dapat mengeringkan pakaian yang basah, sinar matahari juga dapat menjadi solusi untuk menghilangkan embun dalam jam tangan. Caranya, anda cukup jemur jam tangan di bawah sinar matahari selama 5 menit, kemudian angkat dan anda dapat menggunakannya kembali. 

  • Berembun ke lilin yang menyala

Jika suasana sedang mendung, anda tentu tidak bisa mengandalkan matahari sebagai solusi untuk menghilangkan embun pada jam tangan. Alternatif lainnya untuk mendapatkan suhu panas adalah dengan memanfaatkan lilin yang menyala.

Caranya: siapkan 1 buah lin kemudian nyalakan. Dekatkan jam tangan ke api dengan jarak kira-kira 10 sampai 15 centimeter. Diamkan sekitar satu menit, kemudian lap bersih jam tangan dengan tissue atau sapu tangan.

  • Menggunakan hair dryer

Hair dryer tidak hanya dapat digunakan untuk mengeringkan rambut. Ternyata ia juga dapat menjadi pilihan saat jam tangan terlanjur berembun. Caranya; sama dekatkan hair dryer pada jam yang berembun, atur jaraknya agar tidak merusak jam, keringkan sampai embun perlahan menghilang.

 

Sahabat MQ, membiarkan jam tangan terus dalam keadaan berembun dapat membuat mesinnya menjadi karatan dan akhirnya jam tangan akan menjadi mubazir karena tidak terpakai. Oleh karena itu, anda dapat melakukan kiat sederhana yang sudah diinformasikan, sebagai pertolongan pertama pada jam saat ia baru saja berembun.

 

 

(Konten ini disiarkan dalam Program Inspirasi Siang, setiap Senin – Jumat pukul 13.00 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Mengapa Kucing Bersembunyi Sebelum Mati?

    Kucing merupakan salah satu hewan yang dipelihara oleh manusia. Jika kita mengamati secara seksama, kucing menghilang secara tiba-tiba jika sudah tua dan akan mati. Melihat…

    Read More
  • Siapa yang Pantas Menjadi Ulama?

    Sahabat MQ, tidak mudah menjadi ulama, bukan hanya mencapai derajatnya, namun juga tanggung jawab yang diembankan kepadanya. Ulama adalah pewaris para nabi, begitulah Nabi Muhammad shalallahu…

    Read More
  • Makna Ulama

    Sahabat mq istilah ulama saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Jika kita telisik, apakah makna dari ulama ini? Kata ulama merupakan bentuk jamak…

    Read More