Cara Mengurangi Dampak Buruk Radiasi Ponsel

Sahabat MQ, isu mengenai dampak buruk penggunaan ponsel dalam jangka panjang memang bukan hal baru. Biasanya, radiasi akan muncul karena ponsel tengah mencari sinyal. Radiasi yang terpancar dalam jangka panjang disinyalir dapat menganggu sistem kekebalan jaringan otak, sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan otak.

Berikut cara mengurangi dampak buruk dari radiasi ponsel yang dapat Anda lakukan.

  • Menggunakan headset ketika menelepon

Ketika sedang menelepon atau mendapat panggilan masuk, lebih baik gunakan headset untuk menerimanya. Hal ini karena saat melakukan panggilan, ponsel akan lebih banyak mengeluarkan radiasi dari sinyal. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, bukan tidak mungkin radiasi dari ponsel dapat memicu kerusakan pada jaringan otak.

  • Berkomunikasi lewat teks

Selain lebih terjangkau, berkomunikasi lewat pesan teks disebut lebih aman dibandingkan dengan saat melakukan panggilan secara langsung. Hal ini karena radiasi yang dikeluarkan akan lebih sedikit. Selain itu, posisi ponsel saat mengetik pesan teks, berada lebih jauh dari tubuh.

  • Hindari mengantongi ponsel

Meski tidak digunakan, ponsel yang dikantongi di dalam saku tetap memproduksi radiasi. Untuk itu, lebih baik pengguna tetap menjaga jarak dengan ponsel, jika sedang melakukan perjalanan. Misalnya dengan meletakan ponsel di tempat seperti ransel atau wadah bawaan lain.

  • Tidak meletakan ponsel dekat kepala

Cara untuk mengurangi radiasi ponsel lainnya adalah dengan tidak meletakkan ponsel di dekat kepala saat tidur. Meskipun tidak digunakan, ponsel akan terus mencari sinyal yang dapat memicu radiasi. Jika ingin tidur dalam keadaan ponsel menyala, beri jarak yang lumayan jauh dari posisi kepala kita.

 

Sahabat MQ, walaupun sudah mengetahui dampak radiasi ponsel yang cukup berbahaya, banyak orang sudah terlanjur tidak bisa lepas dari ponsel akibat kebutuhan manusia akan informasi, sehingga menjadikan ponsel  sebagai kebutuhan primer. Untuk itu, agar kita tetap memenuhi kebutuhan informasi, kita juga perlu membentengi diri agar radiasi tidak mengganggu kesehatan kita.

 

(Konten ini disiarkan dalam Program Inspirasi Siang, setiap Senin – Jumat pukul 13.00 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Mengapa Kucing Bersembunyi Sebelum Mati?

    Kucing merupakan salah satu hewan yang dipelihara oleh manusia. Jika kita mengamati secara seksama, kucing menghilang secara tiba-tiba jika sudah tua dan akan mati. Melihat…

    Read More
  • Siapa yang Pantas Menjadi Ulama?

    Sahabat MQ, tidak mudah menjadi ulama, bukan hanya mencapai derajatnya, namun juga tanggung jawab yang diembankan kepadanya. Ulama adalah pewaris para nabi, begitulah Nabi Muhammad shalallahu…

    Read More
  • Makna Ulama

    Sahabat mq istilah ulama saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Jika kita telisik, apakah makna dari ulama ini? Kata ulama merupakan bentuk jamak…

    Read More