Berikut Beberapa Makanan Khas Bandung, Jawa Barat, Yuk Simak !

Siapa yang tidak tau Bandung, dengan pesona wisata dan banyak destinasi menarik yang dikunjungi para wisatawan. Pastinya Bandung memiliki ciri khas dalam berbagai pesona di dalamnya, termasuk makanan khas Bandung, Jawa Barat. Kekayaan kuliner yang menggugah selera ini, bentuknya unik-unik dengan rasa yang menggoyang lidah. Yuk kita simak, beberapa makanan khas Bandung berikut ini:

Seblak

Ini Dia Modifikasi Resep Seblak Yang Lebih Kekinian,Tetarik??

Seblak adalah makanan Indonesia yang dikenal berasal dari Bandung, Jawa Barat yang bercita rasa gurih dan pedas. Terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, boga bahari atau olahan daging sapi, dan dimasak dengan kencur.

Nasi Timbel

Nasi timbel ayam - Picture of Saung Kabayan, Bandung - Tripadvisor

Disebut tersembunyi karena nasinya dibungkus daun pisang. Setelah dibuka, kamu bisa mendapati nasi putih hangat dengan aroma yang khas dan bisa menikmatinya dengan ditemani daging atau ikan, tahu, tempe serta sambal dan lalapan.

Batagor Bandung

√ Cara Membuat Batagor Bandung Spesial Enak

Disajikan dengan bumbu kacang yang nikmat, batagor jadi salah satu makanan paling lezat di Bandung. Isinya tahu goreng dan pangsit goreng.

Peuyeum

Peuyeum Bandung - Mamang - Cari jajanan sekitarmu dengan mudah

Peuyeum adalah makanan khas Bandung yang sangat terkenal. Makanan yang satu ini hampir mirip dengan tape yang banyak ditemui di daerah lain, tetapi peuyeum lebih berair dan agak encer. Peuyeum mendapat julukan jajanan sejuta umat lantaran harganya yang murah meriah, enak dan juga tahan lama. Makanan khas Bandung yang satu ini merupakan oleh-oleh yang paling banyak dicari karena mudah ditemui dan harganya murah.

Selain dibuat dengan ketela pohon, ada juga peuyeum yang terbuat dari beras ketan hasil fermentasi seperti kebanyakan peuyeum yang ditemui. Di pusat oleh-oleh makanan khas Bandung, Anda bisa mendapati banyak sekali penjual peuyeum. Biasanya peuyeum dijajakan dengan cara digantung dengan tali dalam jumlah banyak.

Siomay 

Resep dan Cara Membuat Siomay Bandung - SajianLezat.com

Ngomongin makanan khas Bandung, tentu aja enggak bisa tanpa ngomongin siomay. Makanan yang merupakan revolusi dari salah satu varian dimsum khas Chinese, shumai, ini memang lezat banget: berupa dumpling dengan luaran kulit khas yang diisi dengan adonan dari ikan tenggiri dan dimasak dengan steam. Ia lalu disajikan dengan bumbu kacang yang Indonesia banget – beda dengan dimsum shumai yang disajikan dengan saus cabai.

Meski siomay sudah bisa mudah ditemukan di daerah lain, tapi masih belum ada yang bisa mengalahkan Bandung sebagai pusatnya siomay enak. Enggak harus di tempat terkenal, siomay pinggir jalan di Bandung pun rata-rata lezat. Oh ya, jangan bingung ya kalau menemukan istilah baso tahu di pedagang-pedagang siomay di Bandung, ya. Soalnya baso tahu adalah sebutan dari orang Bandung untuk makanan khas ini.

Pisang Bolen

Resep Kue : Bolen Pisang

Nah, kalau makanan khas Bandung yang satu ini biasanya jadi salah satu oleh-oleh wajib kalau liburan ke Bandung. Pisang bolen adalah semacam pastry berbentuk kubus berisi pisang dan dimasak dengan dipanggang. Selain rasa original, pisang bolen juga biasanya memiliki ragam rasa seperti rasa coklat dan keju.

Sumber: Radio 102,7 MQ FM Bandung, Inspirasi Siang, 13.00 WIB.

ARTIKEL TERBARU