Jemput Impian di Radio bersama MQ FM.

◈ ◈ ◈
Apakah kamu pengen jadi penyiar radio (broadcaster)? Bingung belajar dengan siapa?

Kamu bisa ikut di program Beasiswa Islamic Broadcasting Academy.

Yuk, masuki gerbang awal menjadi penyiar (broadcaster), VO Talent atau berkarya dengan profesi seru dibidang radio dan bisa menyebarkan kebaikan tentunya.

Tahukah Sahabat?

Saat ini radio bukan hanya sekedar audio yang bisa kamu nikmati. Digitalisasi membuat peta pendengar radio semakin luas. Interaksi pun tak hanya hadir lewat frekuensi saja, tapi juga melalui sosial media, streaming , dan lainnya.
Pendengar seringkali mengandalkan informasi di radio untuk mengetahui apa yang terjadi secara cepat dan nyata. Selain itu, musik di radio pun semakin menjadi tolak ukur tren yang ada. Hiburan dan penyiarnya pun menemani hari Anda dan menjadi inspirasi pendengar setiap hari.

Apakah menjadi seorang penyiar radio ada sekolahnya? Atau harus belajar dengan siapa jika ingin mendalami dunia tersebut?

Temukan Jawabannya di Program Beasiswa Islamic Broadcasting Academy.

Beasiswa Pendidikan Broadcasting untuk sahabat MQ senilai Rp 1.000.000 untuk 3 bulan pendidikan.

◈ ◈ ◈
Simak video dibawah ini :
Sahabat MQ ingin menjadi Penyiar Radio? bisa Voice Over? bisa membuat konten seru? atau ingin salah satu bagian crew Radio? Beasiswa Islamic Broadcasting Academy by MQFM jawabannya!!
Beasiswa Islamic Broadcasting Academy by MQFM hadir untuk sahabat MQ yang ingin belajar hal-hal yang berkaitan dengan dunia Radio. Bukan hanya belajar, beasiswa Islamic Broadcasting Academy memberikan kesempatan untuk peserta bisa menjadi bagian dari Crew Radio MQFM dalam menyebarkan kebaikan. Pendidikan beasiswa Islamic Broadcasting Academy by MQFM ini dilaksanakan selama 3 bulan, dari bulan Oktober-Desember 2021 satu minggu 1 kali pertemuan. Dengan menghadirkan praktisi-praktisi radio dan pembelajaran yang sangat menarik, mulai dari memproduksi sebuah program, bagaimana menjadi penyiar, membuat konten OnAir atau pun Online sampai bagaimana strategi iklan di radio era digital.

Siapa Kami?

◈ ◈ ◈
Profil : Radio MQFM Bandung merupakan sebuah radio dakwah yang digagas oleh KH Abdullah Gymnastiar,pendiri pondok Pesantren Daarut Tauhiid pada 1 Agustus 2001, dengan segmen Keluarga Muslim Indonesia.
Sejarah : Radio MQFM terinspirasi dari sebuah sarana dakwah pesantren Daarut Tauhiid yaitu 102,65 AM Radio Umat. Radio Umat dibangun dari hasil kencleng pendengar yang disiarkan pada tahun 1999. Permasalahan kualitas siaran yang kurang optimal maka dibangunlah Radio Manajemen Qalbu (MQ) yang berfrekuensi 102,65. Pada tahun 2004, Radio MQFM berpindah frekuensi menjadi 102,7 dikarenakan ada pembenahan channel radio oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Menurut survey kami, Radio Tetap Eksis di Era Internet.

◈ ◈ ◈

Survei Nielsen Consumer Media View (Survei Nielsen Indonesia 2017) menyebut bahwa penetrasi radio masih menempati urutan keempat dibanding jenis media lain. “Televisi masih menjadi media utama bagi masyarakat Indonesia, dimana penetrasinya mencapai 96 persen,” katanya.
Selanjutnya media luar ruang dengan penetrasi 53 persen, internet 44 persen, dan di posisi keempat media radio 37 persen. Adapun penetrasi media koran hanya 7 persen serta majalah dan tabloid 3 persen.

Jika dibandingkan hasil survey 2016, penetrasi radio mengalami penurunan. Tapi sangat sedikit, yakni 1 persen. “Penetrasi media yang kenaikan sangat cepat hanyalah internet. Lima tahun lalu (2012), penestrasi internet baru mencapai 26 persen tapi tahun ini (2017) sudah mencapai 44 persen,” kata Rofiuddin.

Adapun survey Nielsen Radio Audience Measurement pada kuartal ketiga 2016 menemukan bahwa 57 persen dari total pendengar radio berasal dari Generasi Z dan Millenials. Sebanyak empat dari sepuluh orang pendengar radio mendengarkan radio melalui perangkat yang lebih personal, yaitu mobile phone. Angka penetrasi mingguan tersebut menunjukkan radio masih didengarkan oleh sekitar 20 juta orang konsumen di Indonesia. Para pendengar radio di 11 kota di Indonesia yang disurvei Nielsen ini setidaknya menghabiskan rata-rata waktu 139 menit per hari. (Data dari KPI.GO.ID)

Kenapa Harus Jadi Broadcaster?

Secara sadar atau tidak sadar, radio menjadi salah satu alat komunikasi yang masih eksis dan menjadi andalan masyarakat Indonesia saat ini. Munculnya teknologi yang makin masif tidak membuat radio tergeser. Inilah alasannya kenapa menjadi seorang penyiar radio itu menyenangkan dan asyik.
◈ ◈ ◈

✔️ Semakin berpengetahuan luas.

✔️ Mengasah dan melatih diri terampil dalam berkomunikasi.

✔️ Semakin banyak teman dan jaringan baru.

✔️ Menghibur pendengarnya.

✔️ Update tentang perkembangan terbaru.

Manfaat Jadi Broadcaster.

Nah sebenarnya banyak banget sih manfaat positif menjadi broadcaster, diantaranya :
◈ ◈ ◈

Dapat Berbicara Dengan Bahasa Yang Baik Dan Sopan

Menjadi penyiar radio tak lepas dari cara berbicara, mulai dari bagian membuka, isi, dan penutup. Hal ini juga sudah di latih sebelum aktif bersiaran.

Terlatih Membangun Komunikasi

Karena sudah terlatih dengan skill komunikasi, jadi lebih mudah membangun komunikasi ketika bersua dengan orang baru.

Bisa Terkenal

Menjadi penyiar radio rupanya tidak kalah dengan para artis terkenal. Artinya penyiar radio itu mudah dikenali yaitu lewat suaranya. Semakin terkenal acaranya di telinga pendengar, maka semakin terkenal pula penyiarnya.

Membangun Relasi

Selain bisa dikenal banyak orang, kita pun akan banyak mendapatkan relasi.

Apa Manfaatnya Ikut Program Beasiswa Islamic Broadcasting Academy?

◈ ◈ ◈
Kemampuan berkomunikasi adalah salah satu syarat mutlak seseorang dapat berhasil untuk menyampaikan ide dan pesan. Saat ide dan pesan tersampaikan dengan efektif, maka akan menimbulkan kepercayaan atau rasa ‘trust’ orang lain terhadap tujuan yang akan kita capai sehingga akan memudahkan kita dalam mengeksekusi sesuatu.
Suasana kelas yang kekeluargaan dan penuh persahabatan, namun tetap kompetitif dengan penilaian & feedback dari mentor.
Kami percaya bahwa talent yang ada membutuhkan tempat untuk berkembang, dengan adanya #AlumniForum, memberikan kemungkinan kesempatan para alumni untuk berbagi karya nya melalui platform yang kami miliki seperti sosial media, website dan rekomendasi.
Setiap peserta yang sudah join kelas akan keluar dengan membawa portfolio sendiri dengan hasil project di kelas yang telah dilakukan.

Penasaran kan gimana serunya Islamic Broadcasting Academy ini? Yuk, Segera Daftar dan simak informasi dibawah ini ya!

Pendidikan Beasiswa Islamic Broadcasting Academy by MQFM ini dilaksanakan selama 3 bulan, dari bulan Oktober-Desember 2021 satu minggu 1 kali pertemuan. Dengan menghadirkan praktisi-praktisi radio dan pembelajaran yang sangat menarik, mulai dari memproduksi sebuah program, bagaimana menjadi penyiar, membuat konten OnAir atau pun Online sampai bagaimana strategi iklan di radio era digital.

SYARAT & KETENTUAN PENDAFTARAN

Islamic Broadcasting Academy.

✔ Peserta berusia 17 – 38 tahun.

✔ Siap Bekarya di dunia Radio.

✔ Memiliki Semangat yang tinggi.

✔ CV dan Portofolio (Editing, MC, VO, dll) *Jika ada

✔ Mengikuti Campaign, “Siap Berkarya di Radio” dengan menggunakan twibbon di link yang terdapat di bio instagram @mqfmbandung atau ke https://twb.nz/islamicbroadcastingacademy lalu share ke media sosial.

✔ Share informasi beasiswa ini ke 3 grup WA/Telegram.

✔ Membayar biaya registrasi sebesar 25k ke rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) 0070035535 a/n PT Radio Madinatussalam.

✔ Mengisi form pendaftaran, KLIK DISINI.

✔ Sertakan rekaman siaran untuk sahabat yang ingin menjadi seorang penyiar.

Alur Beasiswa Islamic Broadcasting Academy.

  • Pendaftaran (17 Agustus – 17 September)
  • Proses Seleksi (20 September – 29 September) *Berkas dan Wawancara
  • Proses Pembelajaran (9 Oktober – 25 Desember ) *Setiap hari sabtu 09.00-12.00 WIB
  • Berkarya di Radio

KETERANGAN.
HANYA 50 peserta yang akan lolos ke Islamic Broadcasting Academy, diantaranya :

✔ 15 peserta Fully Funded (Beasiswa full senilai Rp 1.000.000,-)
✔ 10 peserta Partial  Funded
✔ 25 peserta Self Funded

Atau Bisa Konsultasi Via Whatsapp Dulu dengan CS kami. (Kak Fanisa)

Point Materi.

◈ ◈ ◈
  • Media Radio : Format & Segmentation.
  • Pengenalan Peralatan Radio.
  • Jurnalistik Radio.
  • Programing Radio.
  • Announcing Skill.
  • Format Musik, Playlist & Tangga Lagu.
  • Sales & Marketing Radio.
  • Event & Promotion Radio.
  • Effective Communication & Creating Total Look.
  • Penggunaan Media Sosial untuk Radio.
  • Praktek Produksi Radio.

Semua Peserta akan diberikan Kesempatan Magang di MQFM selepas Pembelajaran dan Bersertifikat.

Are You Ready for Islamic Broadcasting Academy by MQFM?

GET IN TOUCH

🗺️ Jalan Gegerkalong Girang baru No 11 Bandung
☎️ +62 22 2005131
☎️ +62 838 2173 68391
📧 info@mqfmnetwork.com

Copyright © 2021 All Right Reserved - mqfmnetwork.com
102,7 MQFM Bandung | Inspirasi Keluarga Indonesia