Bahaya ! Jangan Sepelekan Sakit Perut Sebelah Kanan

Sakit perut sebelah kanan mungkin menjadi salah satu jenis sakit perut yang biasa dialami oleh banyak manusia. Rasanya nyeri yang dialami pun bentuknya beragam. Mulai dari sakit perut sebelah kanan atas dekat tulang rusuk, sakit perut sebelah kanan bawah sampai ke pinggang, hingga sakit perut kanan tengah. Dari semuanya, yang paling umum terjadi adalah perut sebelah kanan sakit saat ditekan. Penyebabnya bisa karena beberapa hal, seperti makan berlebihan, radang usus buntu, radang usus 12 jari, terlalu banyak makan pedas dan minum bersoda, konsumsi alkohol yang nggak beraturan, dan semacamnya.

Hampir dari semua penyebab sakit perut sebelah kanan tersebut berasal dari pola hidup yang tidak sehat dan kurang teratur. Akan tetapi, sangat disayangkan, banyak orang meremehkan keluhan yang satu ini dan menganggap hanya seperti sakit perut biasa saja. Padahal, sakit perut sebelah kanan bisa jadi merupakan indikasi penyakit yang lebih serius seperti di bawah ini.

Ginjal Bermasalah

Ketika kamu merasakan sakit perut sebelah kanan, hal tersebut bisa saja menjadi indikator bahwa ginjalmu sedang mengalami masalah. Beberapa gejala yang kerap menyertai biasanya seperti sakit perut sebelah kanan bawah, samping, yang menjalar ke arah selangkangan hingga ke bagian punggung. Selain itu, rasa sakit yang hebat juga terjadi saat buang air kecil, bahkan bisa sampai ada darah dalam urine yang kamu keluarkan.

Masalah Organ Hati dan Peradangan Pada Saluran Empedu

Seperti yang kita tahu, ilmu kesehatan menyebutkan bahwa pada perut sebelah kanan terdapat beberapa organ penting dalam tubuh seperti organ hati dan juga saluran empedu. Jika kamu merasakan sakit pada bagian tersebut, bisa jadi organ hatimu sedang bermasalah, atau mungkin saluran empedumu tengah mengalami peradangan.

Kanker Hati

Kebanyakan orang tidak mengalami gejala-gejala kanker hati pada tahapan awal dari kanker hati. Namun, salah satu gejala yang terasa adalah sakit perut sebelah kanan atas. Gejala lain yang dialami adalah penurunan berat badan dan nafsu makan, merasa lelah, feses yang berwarna putih dan berkapur, mata dan kulit yang menguning (jaundice), mual dan muntah, serta pembengkakan perut.Selain ketujuh hal di atas, kehamilan ektopik atau di luar rahim juga dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan. Dalam mengatasi sakit perut sebelah jangan, jangan mengonsumsi obat-obatan sembarangan. Segera konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan.

Hernia

Hernia (Latin) merupakan penonjolan bagian organ atau jaringan melalui lobang abnormal. Hernia merupakan protrusi atau penonjolan isi suatu rongga melalui defek atau bagian lemah dari dinding rongga bersangkutan. Pada hernia abdomen, isi perut menonjol melalui defek atau bagian lemah dari lapisan muskolo-aponeurotik dinding perut. Hernia terdiri atas cincin, kantong, dan isi hernia.

Pada umumnya, penyakit yang satu ini memang tak dianggap berbahaya, namun tetap saja mengganggu aktivitas dan menimbulkan ketidaknyamanan. Biasanya, hernia kerap muncul disertai dengan rasa nyeri di sekitar perut sebelah kanan yang akhirnya menyebabkan timbulnya benjolan kecil di sekitar area tersebut. Jika sedang tidak melakukan apa pun, mungkin benjolan tersebut tidak terasa sakit, namun efeknya baru akan terasa ketika kamu batuk atau mungkin mengangkat beban-beban yang terlalu berat.

Masalah Pencernaan

Radang usus buntu dapat menimbulkan sakit perut sebelah kanan bawah. Sakit perut sebelah kanan bawah yang dirasakan dapat bertambah parah bila penderita batuk, berjalan, atau membuat gerakan yang tiba-tiba.Selain itu, penderita juga dapat mengalami mual dan muntah, menurunnya nafsu makan, demam, sembelit atau diare, dan perut yang membengkak.

Infeksi Liver

jika livermu mengalami infeksi maka dapat menyebabkan beberapa efek seperti milsanya urine berwarna gelap, mual, dan juga kaki mendadak bengkak. Sakit perut sebelah kanan atas ini merupakan salah satu pertanda bahwa kinerja ginjalmu tak lagi maksimal akibat mengalami infeksi.

ARTIKEL TERBARU

  • Cara Sederhana Menumbuhkan Rasa Empati Anak

    Sahabat MQ, menumbuhkan dan mengajarkan rasa empati pada anak sangatlah penting. Dengan adanya rasa empati, anak dapat membangun dan menjalin hubungan dengan orang-oramg di sekitar.…

    Read More
  • Mencontoh Rasulullah dalam Bercanda

    Sahabat MQ, bercanda memang diperlukan dalam hidup. Namun ternyata esensi dari bercanda itu tidak identik dengan lucu, tapi bercanda itu untuk bahagia. Maka, seperti apakah…

    Read More
  • “Prank” dalam Islam

    Sahabat MQ, dalam pergaulan sehari-hari, seringkali kita melakukan sesuatu untuk membuat orang tertawa atau agar membuat suasana lebih cair dengan cara menjaili teman kita atau…

    Read More