Bahan Dapur yang Dapat Hilangkan Panas di Tangan karena Cabai

Tanaman cabai tergolong dalam famili terung-terungan (Solanaceae) yang tumbuh sebagai perdu atau semak. Cabai termasuk tanaman semusim atau berumur pendek. Cabai memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin. Diantaranya Kalori, Protein, Lemak, Kabohidarat, Kalsium, Vitamin A, B1 dan Vitamin C, serta mengandung minyak atsiri capsaicin, yang menyebabkan rasa pedas dan memberikan kehangatan panas bila digunakan untuk rempah- rempah bumbu dapur. Tanaman cabai dapat ditanam dengan mudah sehingga bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari tanpa harus membelinya di pasar.  Selain digunakan untuk keperluan rumah tangga, cabe juga dapat digunakan untuk keperluan industri diantaranya, Industri bumbu masakan, industri makanan dan industri obat-obatan atau jamu.

Melihat dari kandungan pedas cabai, jelas saja tangan akan terasa panas setalah memegang cabai. Akibat rasa panas cabai di tangan sering membuat kita merasa tidak nyaman, terutama apabila rasa panas ini bertahan cukup lama. Rasa panas pada tangan terjadi karena adanya selaput atau bagian putih yang mengelilingi biji cabai.

Lantas bagaimana nih Sahabat MQ cara menghilangkan rasa panas pada tangan karena cabai ?

Simak cara berikut ini, cara menghilangkan rasa panas pada tangan karena cabai dengan menggunakan bahan dapur yang ada:

Gunakan Minyak Goreng Pada Tangan

Oles lalu gosok area yang terkena cabai dengan sedikit minyak untuk membantu meredakan rasa panas. Minyak goreng atau minyak zaitun dapat membantu melarutkan minyak cabai panas yang menyebabkan sensasi terbakar. Beberapa pendapat juga mengatakan bahwa minyak bisa dioleskan ke tangan sebelum memegang cabai untuk mencegah rasa panas di tangan timbul.

Gunakan Pasta Soda Kue 

Sahabat MQ, juga bisa menggunakan adonan berbentuk pasta kental dari campuran soda kue dan air. Oleskan pasta soda kue ke area yang terasa panas, biarkan sejenak hingga mengering lalu bersihkan kembali.

Gunakan Garam

Tak hanya sekadar menyedapkan masakan, garam juga bisa meredam rasa panas akibat cabai pada tangan. Melumuri tangan dengan garam dapat menghilangkan sensasi panas terbakar pada tangan. Caranya, campurkan 1 sdm garam dengan air hangat secukupnya, lalu oleskan pada permukaan tangan sambil digosok perlahan, kemudian bilas dengan air bersih agar terlepas dari sisa-sisa garam yang menempel di jari.

Gunakan Mentimun

Ambil mentimun secukupnya dan remas-remas atau gosok-gosokkan padatangan. Biarkan hingga kering atau gosok terus hingga tanganmu dingin dan tidak terasa terbakar lagi.

Gunakan Air Beras

Bahan terakhir yang bisa dilakukan untuk meminimalisir rasa panas karena cabai adalah dengan merendam tangan dalam air beras. Lakukan cara ini selama kurang lebih 3 sampai 5 menit sambil terus digosok perlahan, bilas.

ARTIKEL TERBARU