Aplikasi Ponsel yang Membuat Baterai Lebih Boros

Sahabat MQ, penyebab baterai ponsel boros memang beragam. Salah satunya adalah konsumsi daya dari aplikasi di ponsel yang digunakan. Salah satu perusahaan cloud yang melakukan analisa terhadap 100 aplikasi terpopuler untuk mengetahui aplikasi yang membuat baterai ponsel menjadi lebih boros.

Penelitian ini dilakukan dengan meneliti fungsi aplikasi semacam kamera hingga GPS. Analisa ini lalu dilakukan dengan matriks dan angka untuk mengetahui mengenai total konsumsi daya aplikasi.

Berdasarkan analisa yang dilakukan, aplikasi penyebab baterai ponsel boros adalah fitbit, aplikasi kebugaran yang menggunakan 14 dari 16 fungsi latar belakang di ponsel. Aplikasi ini menggunakan dukungan kamera, lokasi, mikrofon, sampai wifi.

Selain fitbit, aplikasi seperti skype, facebook, bigo live, instagram, snapchat, whatsapp, zoom, youtube, telegram, hingga linkedin juga cenderung membuat baterai ponsel menjadi lebih boros dibandingkan ketika tidak men-instalnya.

Untuk menghemat baterai, Anda bisa memilih aplikasi yang Anda gunakan saja dan jangan lupa menutup setelah buka aplikasi tersebut.

 

(Konten ini disiarkan dalam segmen MQPedia setiap Senin-Jumat pukul 08.30 WIB)

ARTIKEL TERBARU