Anda Mengantuk Setelah Makan ? Ini Solusinya

Merasa tidak bisa menahan kantuk setelah makan dan ingin segera tidur lumrah terjadi di kalangan masyarakat. Mengantuk setelah makan dialami hampir semua orang, terutama di siang hari. Hal ini mungkin mengganggu Anda saat harus bekerja. Berbagai cara dilakukan untuk melawan rasa kantuk ini.

Mengantuk setelah makan siang terjadi akibat pankreas memproduksi insulin untuk mengatur gula darah. Saat makan siang, semakin berat makanan, semakin tinggi produksi insulin yang akan meningkatkan kadar gula darah. Akibat peningkatan insulin ini, tubuh akan menghasilkan hormon tidur yang diubah menjadi serotonin dan melatonin di otak.

Meski wajar terjadi, tetapi kegiatan kita jadi terganggu karena rasa kantuk yang tiba-tiba menyerang. Coba lakukan beberapa tips di bawah ini untuk menghindari food coma alias ngantuk dan rasa lemas setelah makan.

Mengunyah Permen Karet

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physiology and Behavior, mengunyah permen karet dapat mengurangi kelelahan dan memastikan kewaspadaan Anda meningkat. Kunyah permen karet setidaknya selama lima menit agar merasa berenergi lagi.

Bergeraklah ! Jangan duduk 

Setelah makan, jangan langsung kembali ke meja kerja atau bangku kelas apalagi duduk di atas sofa seperti kasur. Sempatkan waktu paling tidak 10-15 menit untuk aktif bergerak, misal dengan berjalan dan berkeliling kantor, berjalan ke teras rumah, berjalan di tempat, dan lain sebagainya. Aktivitas sederhana ini bisa meningkatkan aliran darah, sehingga distribusi nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh bisa lebih lancar.

Pilih Makanan dengan Bijak

Pada saat makan siang, sebaiknya pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan cukup zat besi. Karbohidrat mengandung glukosa yang dapat memberikan energi bagi tubuh untuk melakukan fungsinya. Zat besi juga diperlukan untuk memproduksi sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk meningkatkan tubuh.

Hindari mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak dan gula tinggi, seperti fast food. Makanan ini dapat menambah banyak kalori pada tubuh tapi kurang nutrisi. Gula yang tinggi juga dapat memberi lonjakan pada kadar gula darah Anda tapi bisa menghilang dengan cepat sehingga menyebabkan kantuk dan lelah.

Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Ini juga merupakan hal yang sangat penting. Berhenti makan sebelum perut merasa kenyang jauh lebih baik. Kondisi yang cukup akan menjaga kestabilan tubuh. Makan yang berlebihan bisa memicu rasa lelah dan kantuk setelahnya. Sebab, tubuh butuh energi lebih besar saat mencerna makanan yang masuk dalam jumlah banyak sekaligus. Sebaliknya, hentikan aktivitas makan sebelum kenyang dan perbanyak minum air putih untuk menekan keinginan makan berlebih.

Membasuh Muka dengan Air

Jika rasa kantuk sudah mulai datang menyerang, segera basuh muka Anda dengan air, agar kesegeran didapatkan dari kandungan air tersebut.

Sahabat MQ, itulah beberapa cara hilangkan rasa kantuk setelah makan. Jangan lupa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari ya sahabat MQ, agar hidupmu terhindar dari berbagai jenis penyakit. Hidup sehat dengan giat.

ARTIKEL TERBARU

  • Cara Sederhana Menumbuhkan Rasa Empati Anak

    Sahabat MQ, menumbuhkan dan mengajarkan rasa empati pada anak sangatlah penting. Dengan adanya rasa empati, anak dapat membangun dan menjalin hubungan dengan orang-oramg di sekitar.…

    Read More
  • Mencontoh Rasulullah dalam Bercanda

    Sahabat MQ, bercanda memang diperlukan dalam hidup. Namun ternyata esensi dari bercanda itu tidak identik dengan lucu, tapi bercanda itu untuk bahagia. Maka, seperti apakah…

    Read More
  • “Prank” dalam Islam

    Sahabat MQ, dalam pergaulan sehari-hari, seringkali kita melakukan sesuatu untuk membuat orang tertawa atau agar membuat suasana lebih cair dengan cara menjaili teman kita atau…

    Read More