Amalan di Hari Tasyrik

Sahabat MQ, mengingat keistimewaan hari tasyrik, sebagai orang yang beriman, hendaknya kita memaksimalkan upaya untuk mendapatkan limpahan rahmat dan pahala dari Allah pada hari-hari itu. Kita sepatutnya berusaha untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan emas ini dengan memperbanyak amal saleh dan beribadah kepada Allah.

Ada beberapa amalan yang disyariatkan untuk dilakukan di hari tasyrik. Amalan apa saja yang dapat kita lakukan pada saat hari tasyrik?

  • Bertakbir

Berdzikir dengan cara bertakbir dapat dilakukan setelah selesai melaksanakan shalat wajib. Hal ini juga berlaku pada jamaah yang sedang melaksanakan haji, berdzikir dengan takbir dilakukan saat melempar jumrah.

  • Membaca tasmiyah dab takbir saat menyembelih

Pada saat menyembelih hewan qurban, disunnahkan agar kita membaca tasmiyah dan takbir. Bacaan tasmiyyah dan takbir tersebut adalah:  bismillahi wa laullahu akbar.

  • Perbanyak Doa

Memperbanyak doa kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Di antara doa yang dapat kita panjatkan adalah doa sapu jagat.

Anas bin Malik mengatakan, doa yang paling banyak dibaca oleh Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasalam adalah doa sapu jagat :

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya :“Ya Allah, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Dan lindungilah kami dari siksa api neraka.”

  • Banyak Bersyukur kepada Allah

Bersyukur sudah selayaknya kita lakukan setiap saat, karena dengan mensyukuri nikmat Allah, kita tidak akan terlena dan melupakaan Allah. Terlebih saat hari tasryik karena terdapat banyak sekali kenikmatan, baik kenikmatan badaniyyah maupun qalbiyyah.

  • Makan dan Minum diniatkan untuk memperkuat ibadah

Islam mensyariatkan untuk mengawali segala sesuatu dengan niat yang baik, terutama untuk beribadah. Sungguh beruntung seorang muslim saat ia makan dan minum dengan niat dan tujuan untuk memperkuat ibadah kepada Allah.

Sahabat MQ, di hari tasryik tentunya kita perlu memperbanyak amalan yang sudah Allah perintahkan dan juga Rasul shallallahu alaihi wasalam contohkan. Seperti; banyak bersyukur, bertakbir. menyembelih hewan qurban dan melakukan ibadah haji bila sudah mampu.

Semoga dengan kita mengetahui keutamaan hari tasryik menjadikan kita lebih semangat beribadah  kepada Allah.

ARTIKEL TERBARU