Adakah Karma dalam Islam?

Sahabat MQ, seringkali kita mendengar adanya hukum karma dalam kehidupan kita. Bahkan terkadang, istilah karma ini sering kita gunakan untuk menyebutkan kejadian yang sedang terjadi setelah kita melakukan suatu hal yang kita rasa menjadi penyebab terjadinya peristiwa tersebut.

Seperti apa sebenarnya karma dalam kehidupan?

Istilah karma berarti hukum sebab-akibat moral atau the law of moral causation. Selain itu, pemahaman tentang karma adalah meyakini segala perbuatan yang sudah dilakukan akan memberikan akibat untuk pelakunya pada masa yang akan datang.

Namun, penyebutan hukum karma di Indonesia berkembang menjadi sebuah hukuman bagi seorang yang berprilaku tidak baik. Konotasi karma lebih kepada hukuman bagi perilaku negatif atau jahat saja. Sehingga tidak heran, jika terjadi suatu peristiwa buruk menimpa seseorang, kita akan melontarkan kata karma terhadap seseorang tersebut, karena telah melakukan perbuatan buruk yang dilakukan sbelumnya.

Apakah hukum karma  ada dalam Islam?

Berbicara karma, dalam Islam tidak pernah kita temukan istilah karma. Allah dalam Alqur’an menyebutkan bahwa perbuatan baik akan berakibat baik dan perilaku buruk akan berakibat buruk.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman :

“Telah nampak kerusakan di darat dan laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka/,agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (Qs. Ar-rum : 41)

Selain dalam surat Ar-rum, Allah juga berfirman dalam surat Ar-rahman ayat 60 :

“Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan pula.”

Ketentuan yang terdapat dalam Alqur’an tersebut, bukanlah karma. Namun lebih menegaskan bahwa Allah Mahaadil, Mahabijaksana, dan Mahamampu. Prinsip pembalasan oleh Allah, senantiasa terjadi saat di dunia dengan berdasarkan keadilan dan kebijaksanaan Allah dalam menetapkan takdir dan ketentuan-Nya.

Kebaikan tidak akan disia-siakan dan perbuatan dosa tidak akan dilupakan. Sebagaimana kisah seorang pelacur yang memberi minum hewan saat hampir binasa karena kehausan. Dan kisah tentang tenggelamnya Qarun segala harta yang dimilikanya ke dalam bumi karena sombong dan senantiasa berbuat dosa.

 

(Konten ini disiarkan dalam Program Mozaik Islam setiap Sabtu-Ahad pukul 18.00 WIB)

ARTIKEL TERBARU