Adab Terhadap Hewan

Sahabat MQ, hari satwa sedunia yang jatuh setiap tanggal 4 Oktober menjadi momentum agar kita selalu menyayangi hewan yang juga merupakan ciptaan Allah. Islam mengatur dan menjelaskan adab yang perlu dilakukan muslim kepada hewan, simak informasinya berikut ini.

  • Memberi makan dan minum

Islam mengajarkan bahwa kita perlu untuk selalu berbagi bukan hanya kepada manusia, tetapi juga kepada hewan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Kasihanilah siapa yang ada di bumi ini, niscaya kalian akan dikasihani oleh yang ada di langit.” (HR. At Tirmidzi)

  • Memiliki rasa kasih dan sayang

Kasih sayang adalah sebuah kenikmatan yang dirasakan seluruh makhluk di dunia. Dengan adanya rasa kasih sayang, maka akan tercipta rasa peduli, kedamaian, dan rasa empati kepada makluk bumi. Tidak hanya itu, kasih sayang dapat mendorong manusia untuk membantu meringankan penderitaan yang dialami oleh makhluk lainnya, termasuk hewan.

  • Menyenangkannya di saat menyembelih

Hewan juga memiliki rasa. Oleh karena itu, saat hendak menyembelihnya, dalam Islam kita diharuskan untuk menyenangkannya dengan baik. Hal ini dapat kita lakukan dengan memberi makan dengan teratur dan membuatnya tenang sebelum proses penyembelihan.

  • Tidak pernah melakukan kekerasan

Kita tidak diperbolehkan membuat hewan kelaparan, memukulinya, membebaninya dengan sesuatu yang ia tidak mampu, menyiksanya, apalagi sampai membakarnya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya tidak ada yang berhak menyiksa dengan api selain Rabb Pemilik api.” (HR. Abu Daud)

 

Sahabat MQ,Islam mengajarkan kita untuk saling menyayangi. Bukan hanya kepada manusia, tetapi juga kepada hewan. Karena, salah satu ciri orang beriman adalah dengan menyayangi dan mengasihi hewan.

 

(Konten ini disiarkan dalam Program Inspirasi Siang, setiap Senin – Jumat pukul 13.00 WIB)

ARTIKEL TERBARU

  • Kiat Sukses di Kantor untuk Introver

    Sahabat MQ, orang-orang yang memiliki kepribadian introvert terkadang sering diidentikkan dengan label antisosial, karena dianggap tidak mampu bekerjasama dalam sebuah tim di lingkungan kerja. Hal…

    Read More
  • Menumbuhkan Rasa Cinta Keluarga

    Sahabat MQ, hubungan yang sehat, langgeng, dan harmonis, tentu menjadi impian semua keluarga, terkhusus bagi setiap pasangan. Memang bukan suatu hal yang mudah untuk mewujudkan…

    Read More
  • Tiga Level Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

    Sahabat MQ, pengelolaan keuangan menjadi satu hal yang mudah diucapkan, akan tetapi terkadang masih tidak terlalu diperhatikan untuk segera dilakukan/. Sebenarnya, pengelolaan keuangan tidak ada…

    Read More