Adab Berkendara

Sahabat MQ, berkendara merupakan aktivitas sehari-hari yang hampir tidak pernah kita lewatkan. Di dalam Al-Qur’an, Allah menyinggung soal kendaraan dengan menyebut beberapa di antaranya, seperti; unta, kuda, keledai, dan  gajah. Semua itu diciptakan untuk membantu manusia dalam menjalani kehidupan.

Begitu juga dengan hari ini, di mana kendaraan yang ada sudah lebih beragam dan modern.  Untuk itu, berikut amalan saat berkendara yang dapat kita lakukan.

  • Memulai berkendara dengan membaca bismillah

Rasulullah shalallahu alaihi wasalam sudah mencontohkan bahwa dalam segala aktivitas yang akan kita lakukan, hendaknya dimulai dengan membaca bismillah.

Begitu pun saat hendak berkendara, kita dapat memulainya dengan membaca “bismillahi tawakkaltu alallahi laa haula walaa quwwata illa billah”.

Segala hal yang diawali dengan bismillah dan tawakal kepada Allah dapat membawa berkah dan keselamatan.

  • Membaca doa berkendaraan

Selain memulai segala sesuatu dengan mengucap bismillah, saat hendak berkendara kita dianjurkan untuk membaca doa yang Rasulullah shalallahu alaihi wasalam contohkan, yaitu:

“subhaanal ladzii sakhkharolanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqrinin/ wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun”.

Doa ini diharapkan dapat memayungi perjalanan kita agar senantiasa berada dalam perlindungannya.

  • Memperbanyak istigfar dan berdzkir

Selama berkendara, tentu kita akan menghabiskan waktu di jalanan, apalagi jika jarak tempuh tujuan kita jauh. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita menghabiskan perjalanan dengan memperbanyak dzikir dan istigfar kepada Allah subhanahu wata’ala.

  • Memperbanyak doa dan memohon keselamatan

Kita juga dianjurkan untuk membaca doa ketika perjalanan hampir tiba. Hal ini sebagai salah satu permohonan kita kepada Allah  agar tempat yang dituju dapat memberikan  kebaikan serta melindungi diri dari berbagai kejelekan yang dapat merusak keimanan.

 

Sahabat MQ, dengan memberbanyak doa, memohon perlindungan, serta dzikir yang dilantunkan saat berkendara, insya Allah, setiap perjalanan yang dilakukan dapat menciptakan rasa aman, nyaman, dan menjadi jalan bagi kebaikan bagi kita semua.

 

Referensi : https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/13/09/28/mtu046-empat-amalan-berkendaraan

 

Artikel ini disiarkan dalam program Inspirasi Siang setiap Senin – Jumat pukul 13.00 – 15.00 WIB

ARTIKEL TERBARU

  • Mengapa Kucing Bersembunyi Sebelum Mati?

    Kucing merupakan salah satu hewan yang dipelihara oleh manusia. Jika kita mengamati secara seksama, kucing menghilang secara tiba-tiba jika sudah tua dan akan mati. Melihat…

    Read More
  • Siapa yang Pantas Menjadi Ulama?

    Sahabat MQ, tidak mudah menjadi ulama, bukan hanya mencapai derajatnya, namun juga tanggung jawab yang diembankan kepadanya. Ulama adalah pewaris para nabi, begitulah Nabi Muhammad shalallahu…

    Read More
  • Makna Ulama

    Sahabat mq istilah ulama saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Jika kita telisik, apakah makna dari ulama ini? Kata ulama merupakan bentuk jamak…

    Read More