5 Tanda Tubuh Kebanyakan Gula

Sahabat MQ, apakah Anda menyukai makanan yang manis?

Jika ya, Anda perlu lebih waspada karena kelebihan gula akan berefek pada bebagai gangguan penyakit.  Sebenarnya, asupan gula diperlukan. Jika kekurangan gula, tubuh menjadi tidak berenergi dan jika kelebihan justru akan ada dampak negative ke tubuh kita.

Sayangnya, asupan gula tidak bisa diukur lewat takaran sendok saja, karena zat-zat gula seringkali tersembunyi. Lantas bagaimana untuk mengukur apakah asupan gula kita berlebihan atau dalam kondisi cukup?

Tubuh kita memiliki alarm yang menjadi pertanda kelebihan gula. Jika alarm ini muncul, maka sebaiknya kurangi asupan gula dalam makanan dan minuman Anda.

  1. Merasa haus terus-menerus

Dilansir dari Kompas.com, ketika tubuh mendapatkan asupan gula berlebih, tubuh akan mengeluarkan sinyal untuk haus atau membutuhkan minum. Sinyal ini keluar meski Anda sudah minum cukup. Untuk mengatasi hal ini, minumlah air mineral atau infused water dari buah dan sayuran segar.

  1. Berat badan selalu naik

Gula lebih mudah menaikkan berat badan ketimbang lemak dan kolesterol. Gula di sini biasanya datang dari minuman seperti teh, kopi dan soda. Cobalah untuk menyesap kopi dan teh tanpa gula, dan Anda akan kehilangan beberapa kilo berat badan tanpa perlu bersusah payah diet.

  1. Selalu ingin yang manis

Gula memiliki zat adiktif, semakin sering dan semakin banyak Anda mengonsumsi gula maka akan semakin sering pula Anda membutuhkan minuman dan sajian yang serba manis. Gula membuat kecanduan karena gula bisa merangsang produksi dopamin atau hormon yang membuat bahagia.

  1. Malas dan kurang fokus

Kelebihan gula akan membuat organ, terutama otak, jadi susah mencerna dan menyerap glukosa. Efeknya, kemampuan organ terutama otak akan menurun. Anda jadi mudah lelah, lesu, malas dan tidak bisa fokus.

  1. Banyak Jerawat

Hadirnya jerawat bisa jadi karena Anda terlalu sering menyesap dan mengudap makanan dan sajian manis. Berdasarkan penelitian, kelebihan zat gula bisa meningkatkan lahirnya jerawat hingga 30 persen. Jadi cobalah mengurangi asupan manis, dan cermati perubahan kulit wajah selama seminggua dua minggu ke depan.

 

Sahabat MQ, jika salah satu atau bahkan lebih dari alarm ini Anda rasakan, maka sebaiknya kurangilah asupan gula. Control pola makan Anda agar tubuh kita sehat dan kuat sehingga nyaman untuk beribadah.

 

Sumber :

  • Artikel Kompas
  • Siaran Ruang Inspirasi Rabu, 23 Juni 2021

ARTIKEL TERBARU