3 Cara Menghadapi Pekerjaan yang Tidak Sesuai Keinginan

Sahabat MQ, pekerjaan yang tidak sesuai dengan diri biasanya berasal dari hati. Hal ini muncul karena kita tidak menyukai jenis pekerjaan tersebut, tapi terpaksa menerima dan menjalaninya. Di antara faktor penyebabnya adalah faktor ekonomi yang mendesak.

Jika hanya mengikuti keinginan, mungkin kita akan langsung keluar dari pekerjaan tersebut. Namun kenyataan tentu tidak semudah itu. Oleh karena itu, berikut tiga cara menghadapi pekerjaan yang tidak sesuai keinginan.

Pertama, lihat potensi penghasilan dan jenjang karir

Hal ini pastinya sudah dapat anda lihat senbelum memasuki perusahaan dan mengambil keputusan menerima pekerjaan tersebut.

Namun, jika kedua hal tersebut memang menjanjikan dan anda merasa menyesal setelah mengambil pekerjaan yang ternyata tidak sesuai, maka sebagai cara menghadapinya adalah dengan selalu mengingat potensi dua hal tadi, sehingga anda menjadi termotivasi kembali.

Kedua, mempertimbangkan dan menghitung baik buruknya

Dari pada menyesali karena salah mengambil keputusan, anda dapat mempertimbangkan kembali baik dan buruknya pekerjaan tersebut.

Cobalah untuk membuat daftar apa saja keuntungan dan kerugian dari pekerjaan ini, setelah itu perhatikan mana yang lebih banyak. Jika memang kerugian atau keburukan yang dialami lebih melampaui keuntungannya, bisa jadi memang sudah saatnya anda untuk mengganti pekerjaan baru. Namun, jika lebih banyak keuntungannya, maka anda perlu bernegosiasi dengan hati untuk bisa menerima pekerjaan tersebut dengan tulus.

Ketiga, jadikan sebuah tantangan

Jika memang pada dasarnya anda benar-benar tidak menyukai pekerjaan tersebut, maka tidak ada salahnya untuk menjadikan hal ini sebagai sebuah tantangan, tentu dengan memberikan reward. Dan jika anda merasa tertantang, maka anda akan menjadi lebih termotivasi untuk menyelesaikannya.

Demikianlah yang dapat kita lakukan ketika menghadapi pekerjaan yang tidak sesuai.

 

(Konten ini disiarkan dalam Segmen MQPedia setiap Senin – Jumat Pukul 08.30)

ARTIKEL TERBARU