TIPS TETAP FOKUS SAAT KONSENTRASI TERBAGI

Sahabat mq, seringkali kita merasa tidak fokus ketika konsentrasi terbagi-bagi dengan beberapa pekerjaan didepan kita. Hal itu mungkin bisa jadi hal yang wajar, karena kemampuan tingkat konsentrasi seseorang dan daya kerja otak seseoarang berbeda-beda, tidak semua orang dapat fockus ketika konsentrasi kita terbagi-bagi oleh beberapa pekerjaan didepan kita. Namun yang menjadi soal justru yang membagi konsentrasi kita bukanlah tugas pekerjaan kita melainkan banyak hal yang dapat mengganggu konsentrasi kita. Terlebih dizaman sekarang yang serba digital, kita lebih sering tidak fokus dalam bekerja, karena konsentrasi kita terbagi dengan gadget kita diantaranya media sosial, toko online, game dan yang lainnya.

Kurangnya fokus nyatanya dapat berimplikasi pada kerugian, baik pada diri sendiri, terlebih jikalau kita seorang karyawan dapat membuat kerugian materiil perusahaan, salah satunya adalah terbengkalainya tugas yang tengah dikerjakan. Sehingga tenggat waktu yang sebelumnya telah ditentukan menjadi tidak tercapai.

Untuk menangani ketidak fokusan tersebut, berikut tips agar tetap fokus saat konsentrasi terbagi :

Pertama, Membuat dan menyusun rencana kerja

Sahabat mq, hal pertama yang perlu dilakukan agar anda mudah menjaga konsentrasi dan fokus dengan apa yang sedang dikerjakan, adalah membuat serta menyusun rencana pekerjaan yang akan dilakukan saat itu.  Kita dapat mulai untuk membuat susunan rencana kerja untuk satu hari dengan terstuktur dan sistematis. Dengan demikian kita akan tahu apa saja yang akan,dan harus dilakukan, serta dapat dengan mudah menentukan prioritas dan menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan efisien  serta mendapatkan  hasil yang maksimal.

Ke dua, Mencari tahu hal yang menyebabkan hilang fokus

Sahabat mq. hal lain yang dapat anda lakukan untuk menjaga fokus saat mengerjakan perkerjaan, adalah dengan mencari tau hal yang dapat membuat kita sering kehilangan fokus. beberapa contoh umumnya seperti faktor kelelahan, rasa lapar, kecanduan gadget, hingga masalah personal atau ketagihan akan media sosial. Kita harus benar-benar cari tahu penyebab terbesarnya yang mengakibatkan hilangnya konsentrasi dan fokus kita, sehingga setelah kita menemukannyya, hendaklah kita mengevaluasi dan meninggalkan hal tersebut, dan kembali fokus pada pekerjaan kita.

Ke tiga, Jauhkan dari Aktifitas ‘Online’  atau aktifitas lainya yang Mengganggu Konsentrasi kita

Tak dimungkiri, salah satu penyebab hilangnya konsentrasi dan menjadi tidak fokus dalam mengerjakan sesuatu adalah aktifitas online yang mudah diakses di kantor, seperti gadget, media sosial, dan lainnya.Terlebih lagi saat ini kantor-kantor telah memfasilitasi ruang kerja dengan WiFi berkecepatan tinggi. Tak heran jika hal tersebut membuat banyak karyawan menjadi sering mengecek ponsel maupun membuka situs hiburan seperti facebook atau sekadar streaming Youtube. Oleh karenanya untuk membuat Anda menjadi lebih fokus, hindari penggunaan fasilitas online utamanya yang berkaitan dengan hiburan seperti media sosial, situs streaming, hingga situs belanja online yang belakangan juga marak digunakan untuk mencari barang diskonan.

Ke empat, Berikan hadiah atau apresiasi diri

Sahabat mq, jika kita termasuk tipikal orang yang menyukai reward, cobalah untuk memberikan hadiah pada diri kita sendiri, apabila akita dapat menyelesaikan tugas tepat waktu. Dengan memiliki reward, setidaknya hal tersebut mampu untuk memancing motivasi kita, dan seiring berjalannya waktu kita akan terbiasa mengerjakan sesuatu tepat pada waktunya.

Sahabat mq, kualitas suatu pekerjaan yang baik tentunya dapat dihasilkan ketika tubuh serta fikiran, dalam kondisi yang baik. Agar dapat secara maksimal mengerjakan sesuatu, maka kita juga perlu memahami dan bersikap tegas pada diri, untuk tidak mudah goyah pada hal-hal yang dapat membuat kita lalai, dan bekerja dengan tidak maksimal. Dan hasil yang maksimalpun tak lepas dari bagaimana cara kita mengerjakannya. Tentu saja, konsentrasi dan fokus dalam mengerjakan pekerjaan adalah kunci untuk mendapatkan hasil yang optimal. Untuk itu, lakukan cara-cara di atas untuk mendapatkan konsentrasi dan fokus yang dibutuhkan.

 

 

 

 

 

Baca juga:

QANA’AH

  Sahabat  mq, akan kah selama ini kita sudah merasa cukup dengan apa yang Allah...
Read More
KHAZANAH MQ

DISIPLIN WAKTU

  Didalam al-quran Allah sering mengingatkan perihal waktu, itu terlihat dari banyak nama surat yang...
Read More
KHAZANAH MQ

MENELADANI KISAH KHANSA BINTI AMRU

Sahabat mq, ketaatan seorang hamba kepada ibu adalah cerminan ketaatan hambanya kepada Allah Subhanahu wa...
Read More
MOZAIK ISLAM

KISAH INSPIRATIF BERLAKU ISTIQOMAH

Dalam beribadah kepada Allah swt perlu yang namanya istiqomah, karena sebagaimana kita ketahui bahwa tingkat...
Read More
MOZAIK ISLAM

TANTANGAN ISLAM DI AKHIR ZAMAN

Rasulullah saw pernah memberikan  peringatan bahwasannya umat islam pada akhir zaman kelak bagaikan buih di...
Read More
KHAZANAH MQ