TIPS MENYUSUN RESOLUSI AWAL TAHUN

Sahabat mq, sudah puaskah dengan capaian-capaian kita selama ini ?, sudah sejauh mana kah kita menggapai harapan dan cita-cita kita ?, jangan sampai minggu ke minggunya, bulan ke bulannya, dan tahun ke tahunnya begitu-begitu saja gak ada progres untuk lebih baik atau lebih maju. Sejatinya dalam kehidupan itu harus terus berprogres, yakni hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari besok harus lebih baik pula dari hari sekarang.

Apa yang hendak kita lakukan supaya kita terus berprogres dan terlaksana terhadap apa yang menjadi targetan-targetan kita ?

Untuk mencapai atau mewujudkan targetan-targetan kita, kita harus mempunyai resolusi tiap tahunnya, guna untuk merancang  peta impian dan  targetan-targetan hidup kita supaya jelas dan  lebih terukur serta terencana dalam satu tahun ke depan.

awal tahun merupakan momen yang tepat untuk merancang dan menyusun resolusi untuk tahun selanjutnya, resolusi merupakan rancangan atau peta impian dan target hidup yang jelas dan terukur, yang hendak dilakukan selama satu tahun ke depan. Adapaun bagaimana tips menyusun Resolusi awal tahun?,  berikut tips tipsnya :

Pertama, rancang  atau list targetan-targetan yang akan dicapai

Menentukan apa yang menjadi targetan atau peta impian tahun ini merupakan hal yang paling utama, karena disana kita dapat mengukurnya dan mengschedulekannya, sehingga kita bisa membagi-bagikannya lagi mana yang prioritas utama, prioritas ke dua, ke tiga dan selanjutnya. Serta disana kita juga bisa membuat beberpa planning ketika planning A belum terlaksana, maka kita harus punya planning B yang senantiasa merupakan bagian dari targetan kita tahun ini ketika planning A tidak tercapai.

Ke dua, Menggunakan landasan kerangka berfikir

Supaya resolusi yang kita buat, tidak sekedar planning-planning belaka saja, dan bukan pula karena ikut-ikutan orang lain saja, maka dari itu kita harus menyusun resolusi itu dengan baik dan perlu adanya penyusunan resolusi berdasarkan landasan kerangka berpikir yang jelas. Sehingga targetan dan planning yang direncanakan jelas capaiannya, jelas cara-cara atau metodenya yang akan digunakannnya ,serta terukur dan terarah goalsnya.

Ke tiga,  Menuliskannya

Sahabat mq, agar resolusi yang sudah direncanakan dapat kita ingat, tentu menuliskannya merupakan solusi yang paling baik, mengingat kemampuan ingatan manusia juga sangat terbatas. Maka dari itu dengan menuliskan resolusi tersebut pada selembar kertas, atau karton, atau yang lainnya anda telah membantu diri sendiri agar senantiasa ingat dengan target yang sudah dirancang, serta resolusi pun akan tampak lebih jelas dan nyata.

Ke empat, lakukan evaluasi

Sahabat mq, langkah selanjutnya adalah lakukan evaluasi, hal ini sangat penting, karena dengan adanya evaluasi akan dapat terlihat mana saja targetan yang sudah sesuai dengan planning, yang belum sesuai planning, bahkan yang masih jauh dari planning kita. Dengan ini kita bisa segera memperbaiki kekurangan-kekurangan yang maksimal serta mempersiapkan planning-planning lain ketika terjadi kemungkinan terburuk yang tidak sesuai dengan harapan  kita.

Ke lima, tetapkan jadwal evaluasi secara berkala

dalam pelaksanaannyapun, ketika kita sudah melakukan evaluasi, tetaplah lakukan evaluasi-evaluasi selanjutnya secara berkala dengan ditentukan waktunya, baik itu satu bulan sekali, dua, atau tiga bulan sekali, sesuai yang kita sepakati, guna untuk terus memantau dan mengetahui capaiannya,kendala-kendala apa saja  yang terjadi, dan segera dicari solusinya.

Sahabat mq, itulah beberpa tips untuk menyusun resolusi tahunan, tentunya segala rencana yang sudah kita susun sedemikian rupa, hasil akhirnya hanya Allah yang dapat menentukan. Namun yang paling penting dari membuat resolusi adalah keyakinan, bahwa kita sudah ber ikhtiar untuk melakukan hal yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

 

ARTIKEL TERBARU