TIPS CEGAH TIPES DI MUSIM HUJAN

Sahabat mq, musim hujan biasanya menjadi musim dimana sering bermucunculan penyakit-penyakit, baik itu filek, flu, pusing, migren dan masuk angin. Karena pada musim hujan merupakan masa di mana kuman penyebab penyakit semakin aktif berkembang biak, hal ini karena saat musim hujan, udara dan beberapa tempat menjadi lembab, yang tentu saja kondisi ini sangat disukai oleh bakteri untuk berkembang biak, termasuk bakteri penyebab tipes.

Tipes atau tifoid merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya, selain masa penyembuhannya cukup lama, dan biasanya orang yang terkena penyakit tifes atau tifoid harus dilakukan perawatan, penyakit tifes juga bisa menyebabkan berbagai komplikasi yang berbahaya.

Lantas bagaimana cara pencegahan penyakit tifes atau tifoid ketika dimusim penghujan ?, berikut tips atau cara mencegah penyakit tipes di musim hujan :

Yang pertama, Melakukan imunisasi

Sahabat mq, melakukan vaksin termasuk dalam salah satu cara untuk mencegah tipes di musim hujan.  Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, vaksin tifoid diberikan untuk anak di atas usia dua tahun. vaksin ini juga perlu dilakukan setiap tiga tahun sekali, bagi orang dewasa, sebelum melakukan vaksin, sebaiknya untuk dapat berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Yang kedua, Menjaga kebersihan

Sahabat mq, menjaga kebersihan diri dan tempat tinggal merupakan suatu hal yang wajib dan perlu dilakukan, baik saat musim hujan, maupun kemarau. Terlebih dalam agama islampun Rasulullah saw mengajarkan kepada kita umatnya untuk senantiasa menjaga kebersihan. Bahkan dalam sabdanyapun Rasulullah saw berkata bahwa “Kebersihan itu sebagian dari Iman”.  Maka dari itu menjaga kebersihan itu harus sudah tertanam dalam kesadaran masing-masing, karena tidak hanya untuk menghindari virus yang dapat menyerang di saat musim hujan, tapi untuk menghindari dari penyakit-penyakit yang lainnya, yang biasanya wabah penyakit itu berawal dari tempat yang kurang bersih.

Kemudian  biasakan untuk selalu mencuci tangan dan kaki, dengan sabun, hal ini karena, infeksi bakteri salmonella typhi, atau bakeri yang mendatangkan penyakit virus, dapat datang dari mana saja, termasuk dari tangan dan kaki.

Yang ketiga, Selektif dalam memakan jajanan

Sahabat mq, penyakit tipes dapat menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Oleh karena itu, sebaiknya sahabat lebih selektif dalam memilih jaja-nan jalanan yang hendak dimakan,  karena makanan yang dibiarkan terbuka lebih berisiko dihinggapi oleh lalat, dan darisanalah awal mula penyebaran bakteri, yaitu bakteri dari lalat yang dibawa dari tempat-tempat kotor yang ia hinggapi ke makanan yang dihinggapi lalat pula.

Yang ke empat, Menjaga daya tahan tubuh

Sahabat mq, penyakit akan sangat mudah menginfeksi orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah, apalagi di musim hujan, sistem kekebalan tubuh mudah sekali menurun, maka dari itu, jagalah daya tahan tubuh, agar tetap kuat.  misalnya dengan memiliki waktu tidur yang cukup, dan banyak mengkonsumsi buah serta sayur yang mengandung vitamin c.

Yang ke lima, Gaya hidup yang sehat

Sahabat mq, sumber penyakit biasanya berawal dari gaya hidup yang gak sehat, memiliki gaya hidup yang sehat terlihat gampang, namun tidak banyak orang yang bisa melaksankannya. Perlu keinginan, kesungguhan dan komitmen untuk menciptakan gaya hidup yang sehat.

Apa saja gaya hidup sehat itu ?, diantarnya yaitu dengan membiasakan makan teratur dan dengan makanan yang cukup gizinya, tidak banyak begadang, dan berolahraga yang rutin dan terjadwal.

Sahabat mq, tipes merupakan penyakit yang dapat menular dan menyebar ke seluruh tubuh, maka dari itu kebersihan diri, serta lingkungan perlu untuk selalu dijaga, dan diperhatikan secara serius, serta senantiasa menjaga daya tahan tubuh, dan membiasakan pola hidup yang sehat. Namun apabila sudah terlanjur terkena tipes, segera lakukan penanganan yang tepat, agar tidak sampai mengalami komplikasi serius yang berakibat fatal.

 

 

Sumber            : hellosehat.com

 

ARTIKEL TERBARU