TIPS AGAR HIDUP MEMILIKI MAKNA

Sahabat mq, setiap orang menginginkan jika hidupnya memiliki makna, tidak sebatas mengerjakan rutinitas hari demi harinya. Pekerjaan yang menyibukan, targetan dan ambisi yang belum tercapai membuat waktu ke waktunya tak terasa hanya dihabiskan di ruang kerja, belum lagi semakin bertambahnya usia, aktivitas yang dilakukan juga akan semakin beragam, rutinitas yang dilakukan setiap hari terkadang membuat kita merasa bosan atau bisa sampai tertekan. Padahal ada beberapa hal sederhana yang mungkin dapat membuat hidup kita lebih bermakna dalam melakukan setiap aktivitas sehari-hari.

berikut ini tips agar hidup anda lebih bermakna :

Pertama, banyak bersyukur

Hal sederhana yang sering terlewatkan sebelum kita memulai aktivitas, adalah mengucap rasa syukur. Padahal dengan kita sering bersyukur atas apapun, rasa lelah yang kita dapatkan akan terobati dan membuat kita lebih menikmati hidup ini.  Syukur adalah bentuk dari rasa terima kasih kepada-Nya atas semua yang telah Allah lapangkan dan mudahkan untuk kita. Dengan bersyukur membuat hidup kita tidak banyak tungtutan, dan menikmati apa yang telah dimiliki, karena tidak sedikit orang yang prustasi atau stress adalah oleh yang tidak pernah bersyukur, akhirnya hidupnya akan penuh dengan tekanan dan tungtutan.

Ke dua, Mengatur suasana hati

Sahabat mq. membangun mood saat akan memulai hari bisa anda lakukan agar tidak merasa tertekan saat menghadapi rutinitas, kita  tidak perlu melakukan hal yang berat, cukup menyesap secangkir minuman favorit seperti teh sambil bersiap-siap untuk berkegiatan.

Meluangkan waktu untuk berinteraksi

Sahabat mq, sebagai mahluk sosial yang baik, hendaklah kita senantiasa meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan orang-orang disekitar kita, dengan tetangga, dengan saudara, dan utamnaya dengan anggota keluarga kita. Mungkin jika kuliah yang melelahkan, menangani klien yang beragam, hingga reward dari kantor yang tidak sesuai dengan harapan, bisa menjadi sesuatu yang memberatkan. Namun sesibuk dan seberat apapun hari kita, menyempatkan sedikit waktu untuk tetap berinteraksi dengan orang-orang di sekitar, akan membantu kita mengalihkan pikiran yang terbelenggu akan pekerjaan atau deadline.

Ke empat, Luangkan waktu untuk me time

Rutinitas yang berjalan secara terus-menerus bisa membuat kita tertekan, ada baiknya mensisipi sedikit waktu untuk diri sendiri, daripada apa yang kita lakukan berdampak negatif, kita bisa menggunakan waktu tersebut untuk relax sejenak di tengah-tengah kesibukan dengan melakukan perjalanan liburan atau quality time bersama keluarga.

Ke lima, Senantiasa menebar kebaikan

Sahabat mq, berbuat baik bukan suatu hal yang mudah, dan tidak setiap orang bisa melakukannya. Mungkin kita juga terlalu egois dengan senantiasa hanya memikirkan diri sendiri dan hanya bergelut dengan kesibukan kita. Dengan berbuat baik dan menebar efek positif bisa membuat hidup kita lebih bermakna dan senantiasa bermanfaat tida hanya bagi sendiri, tetapi bermanfaat bagi orang-orang disekitar kita.

Sahabat mq, hidup dalam pandangan Islam adalah kebermaknaan dalam kualitas secara berkesinambungan dari kehidupan dunia sampai akhirat, hidup yang penuh arti dan manfaat bagi lingkungan seekitarnya. Oleh karena itu, tiada dipandang berarti (dipandang hidup) ketika seseorang melupakan dan meninggalkan kewajiban-kewajiban yang telah diatur Islam. Membuat hari-hari kita lebih bermakna sangat menyenangkan, terlebih hal tersebut dapat memberikan kebaikan bagi orang lain serta membuahkan  nilai ibadah, dan terkadang memulai rutinitas dengan hal-hal sederhana, dapat membuat hari kita lebih bermakna, selama diniatkan untuk beribadah di jalan Allah SWT.

 

Baca juga:

MENELADANI KISAH KHANSA BINTI AMRU

Sahabat mq, ketaatan seorang hamba kepada ibu adalah cerminan ketaatan hambanya kepada Allah Subhanahu wa...
Read More
MOZAIK ISLAM

PERIODE DAKWAH RASULULLAH SAW

Diawal dakwah rasulullah saw, rasulullah saw melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi yakni selama tiga tahun,dan tidak...
Read More
KHAZANAH MQ

TIPS AGAR HIDUP MEMILIKI MAKNA

Sahabat mq, setiap orang menginginkan jika hidupnya memiliki makna, tidak sebatas mengerjakan rutinitas hari demi...
Read More
MQ PEDIA

MASIH PUNYAKAH RASA MALU

Malu merupakan akhlak mulia yang terpuji. Melihat tingkat keshalehan seseorang dapat dilihat dari sifat terpujinya...
Read More
MQ PEDIA RUMAHKU SYURGAKU

TIPS MENGATASI BIBIR KERING DAN PECAH-PECAH MENGGUNAKAN MADU

Sahabat mq, mungkin sahabat pernah atau bahkan sering mengalami bibir kering dan pecah-pecah, terlebih kala...
Read More
KHAZANAH MQ MQ PEDIA