SAAT IMPIAN BELUM MENJADI KENYATAAN

Setiap orang mempunyai impianya masing-masing, ada yang ingin menjdai seorang dokter, polisi, tentara, guru, pengusaha dan yang lainnya. Tentunya tak mudah bagi seseorang untuk mewujudkan mimpi tersebut, perlu perjuangan,keistiqomahan, dan semangat pantang menyerah. Adakalanya impian tersebut tercapai, dan ada juga impian tersebut belum tercapai atau belum jadi kenyataan.

Tak mudah menerimanya dengan lapang dada ketika harapan dan impian kita tidak sesuai dengan harapan kita,atau belum menjadi kenyataan, tak sedikit ada orang yang shok, menyerah dengan keadaan, bahkan prustasi. Sungguh wajar jika kita kecewa, ketika impian kita belum jadi kenyataan, namun mestinya kita jangan terlalu berlarut-larut dalam kekecewaan tersebut. Lantas bagaimana sikap kita saat impian belum menjadi kenyataan ?

Sahabat mq, saat impian kita belum menjadi kenyataan janganlah kita focus pada kegagalannya, atau terhadap hal yang belum dicapainya, namun ada baiknya kita melakukan hal hal sebagai berikut :

Pertama yang harus kita kedepankan adalah kita memahami begitu indahnya takdir dari allah swt. karena tidaklah impian kita belum terjadi semuanya adalah kehendak allah swt, dan yakini bahwa ini adalah takdir terbaik buat kita. Terbaik buat kita belum tentu terbaik menurut allah, namun terbaik menurut allah adalah barang pasti terbaik buat kita. Sebagaimana firman allah swt dalam Qur’an Surat Al-baqarah ayat 216

و عسى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وهُوَ خَيْرٌ لكَمْ وَعَسى أَنْ تُحِبُّوْا شَيْئا وهو شرٌّ لكم واللهُ يعلمُ وأَنْتُمْ لا تَعْلمُوْنَ

“Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”(QS. Al Baqarah: 216)

Yang kedua, senantiasa berpositif thinking. Karena boleh jadi allah telah mempersiapkan takdir lain yang lebih baik dari yang apa kita pikirkan. Karena sesungguhnya allah memberikan sesuatu terhadap hambanya sesuai apa yang hambanya butuhkan, bukan apa yang hambanya inginkan.

Yang ketiga adalah besarkan hati, bahwasannya tugas kita hanyalah berikhtiar semaksimal mungkin, adapun hasil hanyalah allah yang menentukannya, jangan pernah kecewa atas ikhtiar terbaik yang kita lakukan, yakini bahwa selalu ada hikmah atas segala  sesuatu. Mungkin tindakan yang dilakukan sekarang belum menjadi hasil yang kita harapkan, namun jika kita sudah melakukannya dengan yang terbaik bisa jadi itu menjdai jalan membuka kebaikan-kebaikan lain yang telah allah persiapkan buat kita.

Yang keempat adalah bertaubat kepada allah swt. Boleh jadi kenapa impian kita belum terwujud meskipun kita sudah berikhtiar yang terbaik namun belum saja terwujud, itu diakibatkan oleh dosa-dosa kita kepada allah yang belum diampuni, dan harus segera ditaubati. Dan boleh jadi juga allah belum mewujudkannya, karena kitanya belum pantas untuk mendapatkannya. Maka tugas kita adalah berusaha untuk menjdai pantas dengan terus memperbaiki diri dan memantaskan diri kepada allah swt. Tak lupa juga luruskan niat, bahwa impian kita kelak merupakan bagian sarana kita untuk beribadah kepada allah dan menambah keyakinan kita bahwa allahlah yang maha kuasa dan maha mengetahui.

Sahabat mq, berikut diatas langkah-langkah ketika impian belum terwujud, maka dari itu selalu kedepankan berprasangka baik kepada allahswt, karena allah lah yang lebih mengetahui ketimbang kita,jangan pernah pantang menyerah dengan impian kita, ketika kita memutuskan itu adalah impian kita, maksimalkan ikhtiar, karena yakinlah bahwa usaha tidak akan menghianati hasil, namun tetap hati kita senantiasa dibimbing bahwasannya semuanya tidak terlepas dari campur tangan allah swt.

 

 

 

Baca juga:

TUJUAN DICIPTAKANNYA MANUSIA

Sahabat mq, pernahkah terpikirkan mengapa Allah menciptakan manusia? .Kita lahir, kecil, dewasa, tua, dan akhirnya...
Read More
KHAZANAH MQ

PERIODE DAKWAH RASULULLAH SAW

Diawal dakwah rasulullah saw, rasulullah saw melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi yakni selama tiga tahun,dan tidak...
Read More
KHAZANAH MQ

TANDA-TANDA HUSNUL KHOTIMAH

Sahabat mq, pernahkah terbayangkan oleh kita jika ketika kita meninggal, kita dapat mengucapkan “laa ilaaha...
Read More
KHAZANAH MQ

WAKTU YANG BAIK UNTUK BERDOA

  Sahabat mq, terkadang keinginan-keinginan yang dipanjatkan melalui doa-doa masih belum juga terkabulkan. Oleh sebab...
Read More
MOZAIK ISLAM

KEAGUNGAN DAN KEMULIAN RASULULLAH SAW

Saat ini banyak orang yang mengaku cinta kepada nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, tetapi...
Read More
KHAZANAH MQ