MENYIKAPI MUSIBAH DENGAN CARA YANG BENAR DAN PENUH DENGAN KESABARAN

Sahabat mq, setiap cobaan dan musibah yang terjadi pada negeri ini hanya bisa terjadi atas perintah dan izin dari Alloh Subhanahu Wa Ta’ala, karena dengan izin dan kehendak Allah lah musibah yang terjadi negeri ini bahakan diseluruh dunia ini terjadi. Alloh Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ ۗ وَمَنْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ يَهْدِ قَلْبَهُ ۚ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

Artinya “Tidak ada suatu musibah yang menimpa (seseorang), kecuali dengan izin Alloh; dan barang siapa beriman kepada Alloh, niscaya Alloh akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Alloh Maha Mengetahui segala sesuatu.”(QS. At-Taghabun 64: 11)

Tidak ada yang bisa menghindar dari ketentuan dan kehendak Allah swt, namun yang harus kita lakukan di tengah menyebarnya virus corona ini,yaitu menrimanya dengan rasa keimanan dan menjadi bahan evaluasi atau muhasabah bagi kita semua.

Kita tidak pernah tahu hikmah dibalik kejadian mewabahnya virus corona ini

kita tidak pernah tahu sebab dari Allah memberikan ujian ini kepada kita semua. Yang jelas ini adalah bahan renungan bagi kita, mungkin selama ini kita terlampau dzolim dan sombong kepada Allah swt, sehingga Allah uji dan peringati kita dengan menurunkan tentaranya Allah yang sangat kecil, agar kita jangan pernah dzolim dan takabur kepada Allah swt. Karena kita hanyalah mahluk Allah swt, yang tidak ada daya dan kekuatan tanpa pemberian dari Nya, kita tidak ada apa-apanya tanpa perlindungan dan pengurusan Allah swt.

Maka dari itu kembali lagi, momen ini adalah momen bagi kita untuk kembali lagi kepada Allah swt, bahwa kita itu adalah mahluk yang lemah, mahluk yang tak berdaya, dan taka da apa-apanya tanpa karunia dari Allah swt. Bahakan dengan mahluk Allah yang kecilpun kita tidak berdaya, meskipun berapa banyak negara yang memiliki perlatan dan kekuuatan tercanggihpun tidak ada yang bisa melawan kekuatan Allah swt.

Semoga kita bisa menyikapi semua ini, dengan cara yang benar dan penuh dengan kesabaran. Hanya orang yang bersabar yang akan memperoleh pertolongan Alloh Subhanahu Wa Ta’ala, dan hanya orang-orang yang bersabar yang akan mampu melewati setiap musibah dengan hati yang lapang dan pasti ada hikmah didalamnya.

Do’a memohon perlindungan dan kesalamatan

Sahabat mq, mari kita hafalkan doa ini dan dibaca setiap pagi dan sore. Semoga Alloh yang Maha Menguasai segala-galanya melindungi kita semua. Karena dalam suatu hadist dikatakan,

”Barang siapa yang mengatakan :

 بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“bismillaahilladzii laa yadhurru ma’asmihi syai-un fil ardhi wa laa fis-samaa-i wa huwas-samii’ul ‘aliim “

Artinya : Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui) sebanyak tiga kali, niscaya tidak akan ada sesuatu pun yang memudharatkannya” (HR. Abu Daud: 5088, dan Tirmidzi: 3388)

Teriring do’a untuk para petugas yang berada di garis depan berjuang untuk mengobati hamba hambaMu

Yaa Alloh, Berikan pula kekuatan, kesehatan, kesabaran, dan perlindungan Mu yang sempurna bagi para dokter, perawat, para petugas yang berada di garis depan berjuang untuk mengobati hamba hambaMu, mari sahabat mq, bantu para pejuang ini dengan kita disiplin dan sungguh sungguh jaga jarak. Jangan beri peluang virus ini menyebar, diam dirumah, jauhi kerumunan, selalu jaga jarak, jangan sentuh, selalu cuci tangan, banyak ibadah dan doa.Semoga Alloh memuliakan para petugas kesehatan yang mempertaruhkan dirinya untuk kesehatan masyarakat.

Dan apa yang kita lakukan? Sekuat tenaga tahan diri dirumah kecuali darurat itupun jaga diri dari kerumunan agar tak tertular atau menularkan. Kita lakukan mencegah kemudharatan ini adalah perintah agama, sebagaimana halnya Umar bin Khattab menjauhi tempat wabah.Apapun yang ditakdirkan Alloh adalah hak Alloh , kewajiban kita adalah menyempurnakan ikhtiar dan tawakal.

Mari kita semua menjadi jalan solusi,dengan sekuat tenaga bekerjasama menutup sekecil apapun peluang tersebarnya virus ini dan sekuat tenaga untuk memperkuat ibadah dan doa kita.Semoga Alloh yang Maha Mendengar Melindungi kita semua dan mengangkat musibah ini, dan enggantikannya dengan nikmat iman dan hikmah yang tebaik.

 

 

 

ARTIKEL TERBARU