MENJAGA KESEHATAN TUBUH DENGAN SHALAT

Sahabat mq,  shalat merupakan kewajiban setiap muslim di belahan dunia manapun, shalat merupakan tihangnya agama bagi orang muslim, kemudian shalat juga merupakan syarat diterimanya amalan yang lain serta amalan yang paling pertama ditanyakan ketimbang amalan yang lain nanti di hari akhir.  Akan tetapi tahukah sahabat mq, dari sekian kelebihan ibadah shalat, ternyata shalat juga merupakan amalan ibadah yang menyehatkan, karena shalat merupakan ibadah paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia, untuk mendapatkan kesehatan dalam setiap gerakannya.

Dilihat dari sudut pandang ilmiah, shalat dijadikan sebagai gudang obat untuk berbagai jenis penyakit. berikut manfaat dari beberapa gerakan shalat bagi kesehatan :

Pertama, Gerakan takbiratul ihram

Sahabat mq, saat kita melakukan takbiratul ihram, secara tidak langsung kita sedang melakukan gerakan untuk melancarkan aliran darah, dan melatih kekuatan otot lengan. Maka dari itu saat kita mengangkat kedua tangan, otot bahu menjadi meregang, hal ini membuat aliran darah menjadi lancar karena kaya dengan oksigen. sedangkan posisi tangan yang diletakkan di bawah dada, dapat menghindarkan dari berbagai gangguan persendian khususnya pada tubuh bagian atas.

Yang ke dua, Gerakan rukuk

Sahabat mq, dalam pelaksanaan rukuk, dimana posisi  badan yang melengkung 90 derajat kedepan saat kita melakukan rukuk, bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang, atau corpus verte-brae.  Kepala yang sejajar dengan tulang belakang, dapat membuat aliran darah menjadi maksimal pada tubuh bagian bawah.

Yang ke tiga, I’tidal

Manfaat I’tidal ini untuk pencernaan yang baik, karena organ pencernaan didalam perut mengalamni pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Dan efeknya pencernaan menjadi lebih lancar.

Yang ke empat, Gerakan sujud

Sahabat mq, selain dalam sujud terakhir  dianjurkan  untuk dilamakan, ternyata ketika saat posisi sujud, aliran getah bening akan dipompa kebagian leher dan ketiak, sementara posisi jantung berada diatas otak, hal ini  menyebabkan darah kaya oksigen dapat mengalir secara maksimal, menuju otak.

Yang ke lima, Gerakan salam

Sahabat mq, gerakan memutar kepala kekanan dan kekiri saat salam,  jika dilakukan secara maksimal, dapat memberi manfaat berupa relaksasi otot sekitar leher, dan kepala.  Hal ini dapat menyempurnakan aliran darah di kepala, untuk mencegah sakit kepala, dan kekencangan kulit wajah.

Sahabat mq, tidaklah semata-mata Allah mensyariatkan sesuatu kalau syariat itu tidak terdapat manfaat, secara sekilas mungkin kita tidak akan menyadarinya, tetapi seiring berkembangnya pengetahuan dan semakin banyak orang yang melakukan penelitian, terutama pada syaria’at-syari’at islam, ternyata subhanallah sekali, ketika syari’at-syari’at islam diteliti oleh para ilmuan yang mana ilmuannya tersebut kebanyakan  adalah seoarng non muslim, ternyata beberapa syari’at-syari’at islam yang telah diteliti, ternyata terkandung banyak hikmah dan pelajaran yang dapat kita petik bagi kehidupan manusia, yang mana bukan dari segi rohaninya  saja, tapi dari segi ilmu pengetahuannya dan kesehatannyapun.

Termasuk dalam pelaksanaan shalat. Mungkin sebagian orang muslim dalam melaksanakan shalat, hanyalah semata pengugur kewajiban kepada tuhannya yang telah diperintahakan dan merupakan bagian ritual ibadah seorang muslim. Tetapi ternyata sungguh beruntung bagi kita semua umat muslim, bahwa ketika kita melaksanakan shalat, tidak hanya kita mendapatkan pahala, namun sekaligus kita mendapatkan badan yang sehat.

Mungkin syariatnya kesehatan datangnya hanya dari Allah subhanahuwatalla, akan tetapi usaha yang dilakukan untuk menjaga amanah itu perlu kita ikhtiarkan dengan serius, karena badan yang sehat, dapat membuat kita semakin semangat beribadah.

 

 

 

 

Baca juga:

TIPS MENENANGKAN PIKIRAN DARI RASA MARAH

Sahabat mq, setiap orang pasti pernah mengalami emosi atau marah didalam dirinya, entah itu karena...
Read More
MQ PEDIA

TIPS MENYUSUN RESOLUSI AWAL TAHUN

Sahabat mq, sudah puaskah dengan capaian-capaian kita selama ini ?, sudah sejauh mana kah kita...
Read More
MQ PEDIA

Ikhtilat Digital

Membicarakan pendidikan seksual masih menjadi hal yang tabu di negara kita.  Orang tua masih ragu...
Read More
MEMULAI HARI MQ PEDIA

HARI KIAMAT

Salah satu rukun iman yang 6 diantaranya yaitu beriman kepada hari akhir. Yang mana sebagaimana...
Read More
KHAZANAH MQ

MENJAGA HATI KETIKA DIUJI

Sahabat MQ,  dalam hidup ini ada pilihan dan rencana, yang itu kadang tidak terwujud sesuai...
Read More
INSPIRASI 1027