Membangun Jiwa Bisnis dengan Kunci 7B

Apakah membangun jiwa bisnis itu penting ?

Membangun jiwa bisnis itu sangatlah penting, sebab dunia bisnis sudah diajarkan sejak zaman Rasulullah SAW. Dikutip dalam buku Muhammad Syafi Antonio, Ensiklopedia Leadership dan Manajemen Muhammad SAW, “The Super Leader Super Manager” (2010:8) Jauh sebelum diangkat menjadi Nabi dan Rasul-Nya, Nabi Muhammad SAW telah dikenal sebagai seorang pebisnis yang handal. Rasulullah SAW menekuni dunia bisnis selama dua puluh delapan tahun dan telah membuktikan bahwa kesuksesan dalam bisnis dapat dicapai tanpa menggunakan cara-cara terlarang. Rasulullah SAW mengajarkan bentuk transaksi bisnis yang sarat dengan nilai-nilai etika, akhlak dan kemanusiaan.

Sahabat MQ, inspirasi malam bersama Aa Deda pada 12 Oktober 2020 memberikan kunci sukses membangun jiwa bisnis dengan 7B. Berikut ini adalah 7 kunci yang dapat membawa seseorang sukses dalam mebangun jiwa bisnis:

1. Beriman

Beriman merupakan bentuk rasa percaya manusia kepada ke-Esaan Allah SWT, keadilan Allah SWT serta kasih sayang Allah SWT, kemudian rasa percaya tersebut harus disertai dengan keyakinan bahwa Allah memberi kita kemampuan. Tidak hanya sampai disana rasa beriman kita dalam proses membangun jiwa bisnis, kita juga harus meyakini bahwa konsumen adalah utusan dari Allah SWT yang membawa rezeki kepada kita.

2. Becita-cita

Cita-cita ada 2;

a. Cita-cita untuk kepentingan diri

b. Cita2 untuk menguntungkan orang lain

Aa Deda mengatakan perihal cita-cita bahwa“Bericita-cita lah yang orang lain juga terlibat, sehingga orang lain bisa merasakan manfaatnya” hal serupa juga dikatakan oleh KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) “kita harus selalu meyakini bahwa rezeki Allah yang atur. Dan percayalah, kalau kita akan beruntung jika bisa menjadi jalan rezeki bagi orang lain.

Berbicara perihal cita-cita ada 3 hal yang harus dipenuhi;

a. Tentukan apa yang akan menjadi cita-cita

b. Latar belakang memiliki cita-cita tersebut

c.Langkah kuat yang harus dilakukan dalam proses pencapaian cita-cita tersebut

3. Berani

Dalam dunia bisnis seseorang harus berani untuk memulai , banyak orang hanya bercita-cita saja tapi tidak berani untuk memulainya. Tampil berbeda dengan unggul dan unik menjadi faktor keberanian yang harus dicoba untuk membangun jiwa bisnis.

4. Bekerja

Seseorang harus mau bekerja dengan giat dan konsisten. Pengusaha sejak awal harus memiliki tekad yang kuat serta komitmen yang pasti.

5. Berkreasi

Dunia bisnis akan selalu berkembang jika diwarnai dengan kreasi yang tiada henti, sehingga selalu memunculkan hal yang baru, ide dan wawasan baru, praktik yang baru untuk menunjang bisnis yang akan dilakoni.

6. Berhitung

Pengusaha harus cerdas dalam proses penghitungan, karena 90% kegagalan bisnis disebabkan karena keuangan. Akal yang cerdas sangat berperan penting dalam hal ini agar bisnis berjalan sesuai dengan apa yang telah direncakan dan diperhitungkan.

7. Berakhlak Mulia

Akhlak yang mulia merupakan faktor yang penting pula dalam dunia bisnis, agar konsumen merasa aman dan nyaman ketika menjadi pembeli dari pada produk yang kita tawarkan.

Sahabat MQ, itulah 7B, 7 kunci membangun jiwa bisnis yang dapat sahabat MQ aplikasikan dalam kehidupan. Sebab apa yang kita hasilkan tidak jauh dari apa yang telah kita usahakan. Menjadi pengusaha yang sukses tentu membutuhkan waktu yang panjang dan tidak instan. Bekerja keras dengan tujuan yang pasti akan membantu seseorang meraih kesuksesan.

ARTIKEL TERBARU

  • Menolong dengan Rasa Ikhlas

    Manusia adalah makhluk individu dan sekaligus makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia dituntut untuk melakukan interaksi dengan individu yang lain dalam rangka untuk memenuhi kebutuhannnya.…

    Read More
  • Ketika Nabi Musa Mengingatkan Tentang Nikmat Allah

    Nabi Musa mengingatkan kepada kaumnya tentang nikmat Allah terdapat dalam Al-Qur’an surah Al-Maidah ayat 20-26: وَإِذْ قَالَ مُوسَى لِقَوْمِهِ يَا قَوْمِ اذْكُرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ…

    Read More
  • Makanan-Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan

    Sudah menjadi hal yang biasa ketika makanan tidak habis akan dipanaskan kembali ketika ingin dikonsumsi kemudian. Makanan dipanaskan dengan tujuan agar tidak basi dan menghemat…

    Read More