MANFAAT HIJAB BAGI KESEHATAN

Sahabat mq, Islam memerintahkan terhadap kaum perempuan untuk menutupi seluruh anggota badan terkecuali telapak tangan dan muka. Hal ini tersirat dalam firman Allah swt dalam Qur’an Surat Al-Ahzab ayat 59

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Artinya :

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka“. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Ahzab: 59).

Ayat ini menunjukkan wajibnya jilbab bagi seluruh wanita muslimah.Maka dari itu  penggunaan hijab oleh seorang wanita adalah wajib hukumnya, hal ini untuk memenuhi perintah sebagai seorang muslimah. Akan tetapi ternyata kewajiban berhijab, bukan hanya aturan seorang muslimah semata, namun  tentu banyak sekali hikmah dan kebaikan yang terkandung didalamnnya, yang dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi seorang wanita. Oleh karenanya berikut manfaat hijab bagi kesehatan seorang wanita:

Pertama, Proteksi terhadap penyakit

Hijab bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang terpapar secara langsung, yang dapat mengurangi imunitas tubuh seorang wanita. Selain itu, dengan menggunakan hijab dapat membuat tubuh wanita terlindungi dari kontak fisik secara langsung dengan kotoran, bakteri, dan virus.

Ke dua, Menjaga kesehatan rambut

Polusi udara, dapat menyerap ke dalam struktur terdalam rambut. Partikel polusi juga memiliki struktur berpori yang mudah menyerap logam berat, sehingga jika lapisan kulit rambut rusak, maka unsur logam berat di dalam polusi juga dapat masuk dengan mudah. Namun dengan memakai hijab, kepala dan rambut akan lebih terlindungi dari debu,  sinar uv, dan polusi udara. Sehingga kebersihan dan kesehatan rambut serta kulit kepala dapat senantiasa terjaga.

Ke tiga, Mencegah kanker kulit

Hijab dan pakaian tertutup juga dapat mencegah munculnya kanker kulit.  hal ini karena hijab dan pakaian tertutup dapat melindungi kulit yang terpapar sinar matahari secara berkala, sehingga menghindari pertumbuhan sel kanker kulit.

Ke empat, Mencegah peradangan kulit luar (solar keratoses)

Dengan  berhijab kita juga dapat mencegah peradangan kulit luar yang bisa saja terjadi saat kulit kepala sering terkena paparan sinar matahari, peradangan ini dapat terjadi pada tulang pipi, hidung, serta dahi.

Ke lima, sebagaia anti bodi bagi wanita

Tubuh wanita lebih sensitif dibanding tubuh laki-laki. Siklus menstruasi dapat mempengaruhi kantong-kantong air susu ibu (ASI) pada ibu menyusui. Rahim sebelah kanan menghubungkan payudara sebelah kiri, dan rahim sebelah kiri menghubungkan payudara sebelah kanan. Air susu ibu (ASI) mengandung vitamin dan vaksinasi. air susu ibu (ASI) dilindungi oleh enzim dari seluruh tubuh. Maka disini manfaat jilbab bagi kesehatan wanita adalah melindungi enzim tersebut agar tidak pecah yang langsung terdapat antibodi dan antibiotik.

Sahabat mq, segala perintah Allah subhanahu wata’ala memang tidak pernah lepas dari hikmah dan kebaikan yang ditunjukan untuk umatnya. dengan penciptaan kulit wanita yang lebih tipis, Allah memerintahkan setiap muslimah untuk menutupnya, demi kesehatan dan kebaikan bagi kaum wanita. bahkan yang lebih hebatnya, dengan jilbab seorang wanita tidak akan kehilangan manfaat sinar matahari yang dibutuhkan tubuh. Dengan demikian, desain jilbab sudah sangat menyesuaikan kebutuhan perlindungan bagi seorang wanita.

 

 

ARTIKEL TERBARU