Makanan-Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan

Sudah menjadi hal yang biasa ketika makanan tidak habis akan dipanaskan kembali ketika ingin dikonsumsi kemudian. Makanan dipanaskan dengan tujuan agar tidak basi dan menghemat uang ini ternyata berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Makanan yang dipanaskan kembali seringkali berisiko akan mengandung karsinogenik yang akhirnya meracuni tubuh dan dikemudian hari dapat memicu perkembangan penyakit, seperti kanker.

Agar tidak terjadi hal demikian, inspirasi siang MQ FM hari ini melansir dari berbagai sumber, beberapa makanan yang seharusnya tidak dipanaskan kembali:

1. Ayam

Duh siapa yang tidak gemar makan ayam ? makanan ini banyak disuka oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Ayam yang tidak habis kemudian dipanaskan kembali akan menyebabkan perubahan komposisi protein, padahal ayam merupakan sumber protein yang cukup besar. Makanan yang kaya akan protein saat dipanaskan kembali dapat menyebabkan masalah pencernaan. Hal itu dikarenakan makanan tersebut mengalami denaturasi (sebuah proses di mana protein atau asam nukleat kehilangan strukturnya.

2. Nasi

Menurut Badan Standar Makanan Inggris, nasi yang dipanaskan ulang bisa menyebabkan keracunan. Nasi yang disimpan terlalu lama biasanya mengandung bakteri Bacillus Cereus. Jika di panaskan, bakteri ini dapat menghasilkan spora yang beracun. Setelah nasi dipanaskan dan ditinggalkan pada suhu kamar, setiap spora yang dikandungnya dapat berlipat ganda, yang bisa menyebabkan keracunan makanan saat dikonsumsi.

3. Bayam 

Jenis sayuran bayam  mengandung nitrat yang tinggi. Ketika dipanaskan kembali, sayuran kaya nitrat ini memproduksi zat beracun yang bersifat karsinogenik. Bayam mengandung zat besi dalam jumlah besar, memanaskannya kembali dapat mengoksidasi zat besi yang ada dalam bayam. Oksidasi zat besi menghasilkan radikal bebas berbahaya yang menyebabkan banyak penyakit termasuk infertilitas dan kanker.

4. Daging

Daging yang segar dan sehat mengandung banyak protein yang berguna untuk tubuh. Tapi jika makanan berbahan dasar daging dipanaskan ulang, bahkan sampai berulang-ulang, makan susunan protein tersebut akan rusak. Apalagi jika daging dipanaskan ulang hingga berubah warna menjadi kehitaman. Bukan hanya proteinnya yang akan rusak, namun juga akan memicu beberapa penyakit berbahaya seperti kolesterol, darah tinggi, jantung, bahkan kanker.

5. Telur

Makanan yang praktis dibuat yaitu telur, bisa digoreng maupun direbus atau dikukus. Telur sebaiknya jangan dipanaskan kembali karena protein yang terkandung dalam telur akan hancur setelah terkena panas berulang-ulang. Dan yang lebih parah dapat menyebabkan keracunan. Ini berlaku terutama untuk telur yang masih utuh dengan kuning telur di dalamnya. Telur seperti ini kalau dipanaskan ulang dengan suhu tinggi justru akan beracun.

6. Kentang

Ketika kentang dipanaskan kembali, kentang bakalan menjadi tempat paling enak untuk bakteri langka, botulism berkembang biak. Bakteri botulism inilah yang bisa membuat kita keracunan makanan.

7. Minyak Masak

Ternyata memakai kembali minyak masak ternyata bisa membahayakan tubuh kita. Pasalnya, minyak masak yang sudah kita pakai, kalau dipanaskan kembali bisa melepaskan berbagai macam racun yang mengancam tubuh dan juga mengeluarkan radikal bebas yang mematikan. Satu-satunya cara terhindar dari hal ini adalah hanya memakai minyak masak satu kali aja dan setelahnya segera dibuang.

8. Jamur

Kalau ingin makan selagi hangat, makanan berbahan dasar jamur sebaiknya segera dimakan sesaat setelah selesai dimasak. Soalnya, kalau dipanaskan ulang, jamur akan berubah komposisi proteinnya, juga mengalami perubahan rasa. Efeknya bukan hanya kehilangan manfaat gizi yang terkandung pada jamur, tapi kita juga potensial terkena gangguan pencernaan.

ARTIKEL TERBARU