4 GOLONGAN MANUSIA YANG DIRINDUKAN SURGA

Surga adalah tempat dimana semua keindahan, kenikmatan, dan kenyamanan ada, tempat dimana suatu kebahagian yang kekal (abadi) yang hanya dihuni dan Allah sediakan bagi hamba-hambanya yang taat kepada Nya selama hidupnya di dunia.

setiap orang mendambakan akan surga, karena disanalah segala kenikmatan Allah berikan kepada seluruh penghuni surga, suatu kenikmatan yang tidak bisa tergambarkan oleh akal fikiran manusia. Namun surga hanya Allah sediakan bagi hamaba-hambanya yang beriman dan bertaqwa kepada Allah ta’ala. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman dalam sebuah hadits Qudsi :

أَعْدَدْتُ لِعِبَادِي الصَّالِحِينَ مَا لَا عَيْنٌ رَأَتْ وَلَا أُذُنٌ سَمِعَتْ وَلَا خَطَرَ عَلَى قَلْبِ بَشَرٍ ذُخْرًا َلْهَ مَا أُطْلِعْتُمْ عَلَيْهِ ، ثُمَّ قَرَأَ ( فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ )

 

“Aku telah siapkan untuk hamba Ku yang shalih : Kenikmatan surga yang tidak pernah tidak dilihat mata, tidak pernah didengar telinga dan tidak pernah terbetik di dalam hati manusia. Sebagai simpanan baginya, yang kalian belum pernah melihatnya.

Banyak orang yang berharap dan merindukan akan surga, namun disisi lain dalam suatu riwayat bahwasannya surgapun merindukan terhadap penghuninya. Yakni Surga merindukan terhadap 4 golongan yang akan menjadi penghuninya kelak, golongan yang bagaimanakah yang dirindukan oleh surga? Berikut penjelasan 4 golongan yang dirindukan surga.

Sebagaimana hadist Rasulullah SAW, ada 4 golongan manusia yang dirindukan syurga;

الْجَنَّةُ مُشْتَاقَةٌ اِلَى أَرْبَعَةِ نَفَرٍ : تَا لِى الْقُرْانِ, وَحَافِظِ اللِّسَانِ, وَمُطْعِمِ الْجِيْعَانِ, وَصَا ئِمٍ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ .رواه أبوداود والترمذي عن ابن عباس

Artinya :

Surga itu merindukan kepada 4 golongan: orang yang membaca Al Quran, orang yang menjaga lidah, orang yang memberi makan orang yang sedang kelaparan, dan orang-orang yang berpuasa pada bulan Ramadhan.

Dari hadist diatas dijelaskan bahwa 4 golongan yang dirindukan surga adalah sebagai berikut :

  1. Orang yang senantiasa membaca alqur’an.

Alqur’an adalah kalam Allah yang Allah wahyukan kepada Nabi Muhammad saw untuk disampaikan kepada umatnya. Alqur’an merupakan pedoman hidup bagi umat muslim, dan bernilai pahala bagi setiap orang yang membacanya. Dari setiap huruf yang dibacakannya,  Allah berikan 10 kebaikan. Bisa kita bayangkan jika kita membacanya satu hari hari satu juz, berapa kebaikan yang kita peroleh. Terlebih ketika kita memahaminya, menghafalkannya dan mengamalkan isinya, maka berapa pahala yang Allah limpahkan kepada kita. Namun tetap kuncinya adalah ikhlas karena Allah swt.

Kemudian Alqur’an juga akan menjadi syafaat bagi para pembacanya, sebagaimana sabda Rasulullah saw : “Bacalah Al-Qur’an karena Al-Quran akan datang pada hari kiamat nanti sebagai pemberi syafaat bagi yang membacanya (dengan tadabbur dan mengamalkannya)”.

  1. Orang yang selalu menjaga lisannya

Dua yang dapat mencelakakan manusia, yaitu yang berada diantara dua bibir (yaitu lidah), dan yang berada diantara dua kaki (yaitu kemaluan). Manusia sering terpeleset oleh lidah atau lisannya yang mengakibatkan sakit hati saudaranya. Bahkan dalam suatu pepatah mengatakan bahwasannya lidah itu lebih tajam dari pada pedang. Hal ini saking berbahayanya lidah ketika kita tidak dapat menjaganya. Maka disini pantas ketika orang yang dapat menjaga lisannya dalam artian tidak pernah melukai hati saudaranya dengan lisannya, maka orang yang demikian telah dirindukan oleh surga.

  1. Orang yang memberi makan orang yang kelaparan, seperti fakir miskin, yatim piatu

Sejatinya dalam harta kita terdapat hak-hak mereka. Insya Allah jika kita memberikan hak mereka maka kita akan mendapatkan pahala,. Namun jika kita membiarkan anak yatim terlantar, fakir miskin kelaparan, maka kita akan di cap sebagai pendusta agama, sebagaimana firman Allah yang terdapat di dalam QS Al Maun: 1-3

  1. Orang yang berpuasa di bulan ramadhan

Puasa di bulan ramadhan merupakan salah satu rukun islam, yakni salah satu yang menjadi tegaknya keislaman seseorang. Berpuasa bukan hanya menahan tidak makan dan minum saja melainkan menjaga panca indra kita serta syahwat kita untuk tidak melakukan hal-hal kejelekan. Orang yang berpuasa cenderung bisa lebih menahan diri baik itu pandangannya, syhwatnya, lisannya, bahakan perbuatan-perbuatannya, karena takut membatalkan puasanya.

Dan orang yang berpuasa di bulan ramadhan sebagaiman dalam firman-Nya, yaitu dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah swt.

 

Itulah ke empat golongan yang dirindukan oleh surga, oleh karena itu marilah kita senantiasa berlomba-lomba untuk meraih ridho Allah swt serta menjadi orang yang kelak di rindukan oleh surga. Karena sungguh kennikmatan yang kekal dan abadi serta kenikmatan yang amat yang tidak akan ditemukan di dunia adalah kenikmatan surga yang Allah berikan kepada hambanya yang beriman dan bertaqwa.

 

 

 

 

Baca juga:

TANTANGAN ISLAM DI AKHIR ZAMAN

Rasulullah saw pernah memberikan  peringatan bahwasannya umat islam pada akhir zaman kelak bagaikan buih di...
Read More
KHAZANAH MQ

PENYEBAB NYERI KEPALA SAAT KEHUJANAN

Di bulan november ini kita sudah memasuki musim penghujan, tentunya kita sangat bersyukur setelah beberapa...
Read More
RUANG INSPIRASI

MAKNA RIZQI DALAM ISLAM

Sahabat mq, perkara yang paling dibutuhkan oleh umat manusia sepanjang hayat dalam menjalani kehidupan dunia...
Read More
KHAZANAH MQ

TIPS MENENANGKAN PIKIRAN DARI RASA MARAH

Sahabat mq, setiap orang pasti pernah mengalami emosi atau marah didalam dirinya, entah itu karena...
Read More
MQ PEDIA

TIPS BISNIS DI INSTAGRAM

Seiiring dengan perkembangan zaman, manusia sangat dimudahkan dengan fitur-fitur perkembangan teknologi yang membuat lebih praktis...
Read More
MQ PEDIA