KORELASI ISTILAH SUNNAH DAN AKIDAH

Assunnah merupakan nama lain dari Akidah yang dipakai oleh para ulama. Sama halnya dengan ushulud din, tauhid, dan fiqhul akbar. As sunnah sudah tertulis pada kitab-kitab ulama terdahulu. Tujuannya untuk mempelajari ilmu akidah dari sumber yang terpecaya.

هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولًا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ

Dialah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka Kitab dan Hikmah (As Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata”.(Q.S Al Jumuah : 2).

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam membersihkan akidah umatnya dari kesesatan, musyrik dan sifat jahiliyah. Agar umatnya kembali kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan mengesakanNya. Mengajarkan umatnya Al Kitab yang berisi syariat agama beserta hukum-hukum dan hikmah yang terkandung di dalamnya.

Walaupun yang diikuti Al Quran tetapi harus diamalkan sunnahnya juga. Artinya mengamalkan akidah yang benar dengan mengikuti Al Quran dan Sunnah. Al Quran dan Sunnah merupakan kebenaran yang diyakini oleh setiap umat muslim. Allah menyatakannya dalam Q.S. Al Baqarah : 147.

الْحَقُّ مِنْ رَبِّكَ ۖ فَلَا تَكُونَنَّ مِنَ الْمُمْتَرِينَ

“Kebenaran itu adalah dari Tuhanmu, sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu”.(Q.S. Al-Baqarah : 147).

Oleh karena itu, As-sunnah dimutlakkan bagi sebutan apa-apa yang sesuai dengan qitab dan sunnah. Merupakan perkara-perkara dalam keyakinan, itulah As-sunnah. Meninjau As-sunnah dari aspek akidah bukan sekedar amalan sunnah yang terlihat. Tetapi As-sunnah itu lebih jauh lagi diyakini sebagai kebenaran karena bersumber dari Al Quran dan As sunnah.

Jika ulama salaf membicarakan tentang sunnah maka mencakup dua hal. Yakni sunnah dalam peribadatan maupun sunnah dalam keyakinan. Meskipun As-Sunnah itu sendiri yaitu wahyu yang disampaikan kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam . As-Sunnah sebenarnya salah satu sumber dari akidah.

Akidah As-Sunnah adalah akidah yang benar, mengikuti para sahabat dan para tabi’in. Ulama-ulama yang menulis As-Sunnah sebagai akidah diantaranya imam Ibnu Syaibah (wafat tahun 235 hijriyah), imam Ahmad Bin Hambal yakni salah satu imam ahli sunnah yang terkanal (wafat tahun 241 hijriyah), imam Asram Abu Bakar Ahmad bin Muhammad bin Al Baghdadi (wafat tahun 273 hijriyah), Imam Abu Ali (wafat tahun 273 hijriyah), Imam Abu Daud Sulaimam bin Al As Sad As Sijistani (wafat tahun 275 hijriyah).

Jadi, dari kitab-kitab yang ditulis imam terdahulu tersebut membicarakn sunnah sebagai akidah. Sunnah yang memiliki arti keyakinan-keyakinan bukan amal-amal sunnah. Karena makna sunnah bukan hanya dilihat dari aspek ilmu fiqih melainkan adapula dari aspek akidah.

 

Baca juga:

LARANGAN ZINA

Saat ini perbuatan zina, selingkuh, hubungan seks bebas dan hamil di luar nikah menjadi salah...
Read More
KHAZANAH MQ

SAAT IMPIAN BELUM MENJADI KENYATAAN

Setiap orang mempunyai impianya masing-masing, ada yang ingin menjdai seorang dokter, polisi, tentara, guru, pengusaha...
Read More
INSPIRASI 1027

ADAB MAKAN DALAM ISLAM TERNYATA MEMBUAT SEHAT DAN LEBIH MENAMBAH NIKMAT

Sahabat ternyata begitu sempurna agama yang telah di karuniakan Allah kepada kita yaitu ISLAM dengan...
Read More
KHAZANAH MQ

PAKAIAN RASULULLAH

Sahabat MQ , bersyukurlah bahwasannya kita adalah seorang  muslim yang sebagaimana segalanya sudah diatur sedemiakn...
Read More
KHAZANAH MQ MQ PEDIA

BERLAKU IHSAN

Sahabat mq kata ihsan (berbuat baik) merupakan kebalikan dari kata al isaa-ah (berbuat buruk), yakni...
Read More
MOZAIK ISLAM