KISAH INSPIRATIF BERLAKU ISTIQOMAH

Dalam beribadah kepada Allah swt perlu yang namanya istiqomah, karena sebagaimana kita ketahui bahwa tingkat keimanan seseorang itu terkadang naik dan turun (Yazid wa yankus) maka berlaku istiqomah perlu dilatih dalam diri seseorang, karena tidak banyak orang yang mencoba untuk hijrah atau mencoba menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya, akhirnya terpeleset karena tidak istiqomah dan kembali pada perbuatan sebelumnya lagi.

Istiqomah terlihat gampang namun sulit untuk dilaksanakan

Istiqomah terlihat gampang namun sulit untuk dilaksanakan, karena istiqomah perlu didasari niat yang lurus, serta tekad yang bulat dan sungguh-sungguh. Bahkan ada ulama yang mengatakan kalau istiqomah itu adalah lebih baik dari pada 1000 karomah, hal ini nampak bahwa tidak semua orang yang dapat berlaku istiqomah, nyatanya dalam berhijrahpun yang paling sulit untuk dilakukan adalah istiqomahnya. Nyata adanya di akhir-akhir ini banyak dikalangan para artis, para pemuda yang memutuskan untuk berhijrah namun gagal dalam hal istiqomah, karena menjadi pribadi yang istiqomah itu banyak sekali tantangan dan godaannya.

Lantas apa yang dimaksud dengan istiqomah ?

Istiqomah adalah konsisten dalam melakukan kebaikan. Istiqomah harus teguh pada satu pendirian dan tidak tergoyahkan dalam berbagai rintangan untuk mendapatkan Ridha Allah swt. Orang yang beristiqomah selalu kokoh dalam menjaga kaidahnya, dan orang yang Istiqomah tidak akan tergoyahkan keimanannya dalam menjalani tantangan hidupnya.

Istiqomah melahirkan tauhid atau keyakinan kepada allah swt, karena istiqomah erat kaitannya dengan perasaan diawasi oleh allah swt. Orang yang istiqomah tidak mungkin meninggalkan sesuatu yang ia dirikan dikarenakan tidak ada yang melihatnya, tapi orang yang bertekad istiqomah dimanapun, kapanpun, ada yang melihat atau tidakpun bukan menjadi halangan untuk ia melaksanakan apa yang ia yakini dan ingin ia dirikan.

kisah inspiratif tentang buah dari berlaku istiqomah

Mungkin kita sering mendengar tentang kisah inspiratif tentang buah dari berlaku istiqomah, dianataranya yaitu kisah sahabat rasul saw yakni bilal bin rabbah, kisah ini terkenal  bahwa selepas salat subuh berjamaah, Rasulullah memanggil Bilal dan bertanya kepadanya “katakanlah kepadaku, apa amalanmu yang paling besar pahalanya yang kamu kerjakan dalam Islam? Karena sesungguhnya aku mendengar hentakkan sandalmu di surga.” Suara sandal Bilal terdengar oleh Rasulullah ketika ia berada di surga pada malam Isra’ Mi’raj. Bilalpun menjawab “Setiap aku berwudhu, kapanpun itu, baik siang maupun malam, aku selalu melakukan salat dengan wudhu tersebut,” jawab bilal. Jadi bilal merupakan orang yang selalu menjaga kesehariannya dengan berwudhu, setiap wudhunya itu batal, maka ia akan berwudhu lagi kemudian melakukan salat dua rakaat setelah wudhu tersebut.

Kemudian kisah seorang pemuda yang senantiasa istiqomah shalat shubuh, yang mana kisah ini diceritakan oleh Khalid al-Jubair seorang dokter konsultan penyakit jantung di Riyadh. Bahwa beliau suatu hari melihat pasennya yang menjelang sakaratul maut, sebelumnya beliau tahu kalau pasen tersebut merupan seorang yang rajin shalat subuh berjamaah, menjelang kematiannya dokter kholid melihat pemuda itu memegang tangan perawat, sedangkan perawat itu mendekatkan telinganya ke mulut sang pasien yang sedang berbisik kepadanya, Beberapa saat kemudian pemuda itu melepaskan tangan sang perawat, kemudian mengucap, “Asyhadu an laa ilaaha illallah wa asyhadu anna Muhammadar Rasulullah” , dia berulang kali membacanya sampai dia meninggal dunia. Dan perawat itu pun menangis, dr kholid  heran melihat perawat itu menangis, karena ini bukan pertama kali dia melihat orang meninggal atau sekarat, ketika dia agak tenang, dokterpin  bertanya, “Apa yang dibisikkan pemuda itu kepadamu dan kenapa kamu menangis..?” dia menjawab, “dokter khalid, ketika dia melihat anda menyuruh saya untuk segera menanganinya serta anda mondar-mandir, dia tahu bahwa Anda adalah orang yang bertanggung jawab merawatnya, lalu dia memanggil saya dan berbisik, “katakan kepada dokter jantung itu, janganlah dia menyusahkan diri sebab aku ini sudah mati. Demi Allah, aku sungguh melihat bidadari dan aku melihat tempatku di surga.” kemudian dia melepaskan tangan saya.

Demekina kisah-kisah atau cerita inspirasi tentang orang orang yang berlaku istiqomah. Oleh karena itu istiqomah itu penting bagi seorang muslim,karena amalan yang dilakukan secara berkelanjutan akan menjadi ladang pahala dan menjadi perantara dalam mendekatkan diri kepada Allah, juga akan memperbesar ketaatan terhadap segala perintah Allah. Amal yang kontinyu pasti berat dilakukan. Tapi, itu biasanya terjadi hanya pada awalnya saja. Ibarat memutar sebuah roda, terasa berat hanya pada awal putaran tapi pada putaran kedua dan ketiga-nya, roda itu akan lebih mudah diputar. Demi-kian juga dengan kondisi jiwa manusia. Wallahu’alam.

Sahabat mq, sejatinya tujuan hidup dalam islam  adalah untuk beribadah kepada Allah,  bersikap istiqomah dalam beribadah bisa memperbesar peluang untuk mendapatkan pahala, mendekatkan diri kepada allah, dan masuk surga. Karena itulah,  kita sebagai pemeluk agama islam perlu memupuknya agar dalam diri kita tumbuh sifat yang istiqomah dan menjadi pribadi yang taat beragama dan beribadah kepada Allah.

Baca juga:

FOKUS MENJAGA HATI DAN AMAL

Tidak ada satupun di alam semesta ini, kecuali ciptaan Allah swt. Tidak ada satupun di...
Read More
KHAZANAH MQ

WORKING MOM LIFE MANAGEMENT

Sahabat MQ, ditakdirkan sebagai seorang ibu tentunya tidaklah mudah. Kita pasti ingin memberikan peran terbaik...
Read More
MQ PEDIA RUMAHKU SYURGAKU

PENTINGNYA ILMU DALAM BERKELUARGA

Keluarga merupakan harta yang paling berharga, karena keluargalah tempat kita untuk mendapatkan ketentraman dari Allah...
Read More
RUMAHKU SYURGAKU

HARI KIAMAT

Salah satu rukun iman yang 6 diantaranya yaitu beriman kepada hari akhir. Yang mana sebagaimana...
Read More
KHAZANAH MQ

KEHIDUPAN SETELAH KEMATIAN

Sudah menjadi keyakinan dalam kehidupan kita, bahwa segala yang ada permulaannya itu akan ada penghabisannya,...
Read More
KHAZANAH MQ