HIDUP DALAM BIMBINGAN ISLAM

Islam adalah agama untuk penyerahan diri semata-mata kepada Allah, yakni hidup kita, hati kita, seluruh amalan yang kita lakukan semata kita pasrahkan kepada Allah swt. Islam adalah  agama semua nabi, agama yang sesuai dengan fitrah manusia, agama yang menjadi petunjuk manusia, mengatur hubungan antara manusia dengan Rabbnya dan manusia dengan lingkungannya.

Sahbaat MQ,Jika kita diharuskan masuk kehutan,  tetapi ada 2 pilihan.

  1. Masuk ke hutan dengan ilmu dan pengalamannya sendiri, atau
  2. Masuk ke hutan dengan melapor dan memasrahkan diri kepada pemilik hutan.

Karena sudah ada penguman barang siapa yang patuh,  maka akan di bimbing hingga sampai tujuan. Kira kira yang mana perjalanan yang akan dinikmati?  Orang dengan pilihan pertama?  Atau ke dua? Kira kira orang yang paling letih itu orang dengan pilihan pertama? Atau ke dua?

Dua duanya sama sama perjalanan di hutan,  tapi yang paling efektif adalah pilihan nomor 2.

Ilustrasi kecil tentang kehidupan.

Pilihan no satu adalah orang yang belum beragama,  yang hidup dengan mengandalkan akal dan ikhtiar sendiri. Sedangkan pilihan no dua adalah orang yang benar benar memasrahkan hidupnya kepada Alloh karena yakin bahwa Alloh akan berikan yang terbaik untuk dia dan dilindungi dalam jaminan Alloh.

Maka itulah hidup, kita tinggal pilih saja ingin ambil pilihan seperti apa?  Hidup sendiri?  Atau hidup yang senantiasa di tolong oleh Alloh?

Yang harus kita pikirkan saat ini adalah bagaimana berjuang menjadi orang yang layak untuk di tuntun dan di jamin oleh Alloh Subhanahu Wa Ta’ala.

Allah maha tahu tentang permasalahan mahluknya

Alloh tau masalah kita? Alloh tau keperluan kita? Alloh mengetahui semuanya,  maka dalam hidup ini yang harus kita lakukan adalah berjuang menjadi orang yang layak mendapati jaminan dari Alloh.

Bagaimana caranya?

Dalam hal ini kita ita harus mempunyai dua mujahadah, yaitu :

Mujahadah adalah mengelarkan segala daya dan upaya supaya Alloh menyukai kita,  dan mujahadah yang bagus adalah mujahadah yang fokus kepada hati yang bersih dan amal yang diterima. Karena hati itu harus selalu dibersihkan,  dibersihkan dari apa?  Dibersihkan dari Alihah, yaitu tuhan-tuhan yang selama ini bersemayam di hati kita.  Karena Alloh itu tidak suka dengan kemusrikan,  maka kita harus sering memeriksa hati kita ini ada siapa dan apa yang selama ini mendominasi hati kita yang harap dan takutnya kepada selain Alloh.

Apa yang kita dapat jika memiliki hati yang bersih?

Manfaat memiliki hati yang bersih :

  1. Hatinya akan bersih, dan akan diberi ketenangan. Orang yang hatinya bersih tidak akan gelisah dengan urusan dunia. Karena harap dan takutnya hanya kepada Alloh.
  2. Lebih mementingkan apa yang disukai Alloh dari apa yang disukai dirinya sendiri.
  3. Kita akan merasa ringan & mudah dalam taat.
  4. Sulit berbuat maksiat.

Yakinlah bahwa kita semua adalah ciptaan Alloh Ta ‘ala dan yakinlah bahwa Alloh lah yang selalu memberikan bisikan yang terbaik kepada kita.Semua tubuh kita ini adalah milik Alloh dan yang mengurusnya adalah Alloh Ta’ala. Sehingga segala perbuatan dan juga apa yang kita katakan pastilah Alloh Ta’ala tahu dan juga Alloh Ta’ala pasti tahu akan niat dibalik apa yang kita lakukan tersebut.

Orang yang sudah yakin kepada Alloh Ta’ala, pastilah dia sudah meyakini dengan sebaik-baiknya bahwa Allah Ta’ala lah yang memiliki segala kekuasaan dan juga segala keputusan. Dan yakinlah bahwa keyakinan ini bisa diraih hanya dengan adanya ilmu.

 

Baca juga:

WAKTU YANG BAIK UNTUK BERDOA

  Sahabat mq, terkadang keinginan-keinginan yang dipanjatkan melalui doa-doa masih belum juga terkabulkan. Oleh sebab...
Read More
MOZAIK ISLAM

Sekuel Asa, Cinta, dan Rasa Kemanusiaan Dalam Film Hayya: The Power Of Love 2

Setelah berhasil menarasikan Film 212 The Power Of Love yang dirilis tahun 2018 lalu, Warna...
Read More
BERITA DUNIA ISLAM MQ HEADLINE MQ NEWS

KISAH INSPIRATIF BERLAKU ISTIQOMAH

Dalam beribadah kepada Allah swt perlu yang namanya istiqomah, karena sebagaimana kita ketahui bahwa tingkat...
Read More
MOZAIK ISLAM

MEMAKNAI TUJUAN HIDUP

Pada dasarnya, orang yang beriman sudah memliki tujuan hidup yang sudah jelas ditentukan dalam Al-quranul...
Read More
INSPIRASI 1027

TIPS MENGATASI BIBIR KERING DAN PECAH-PECAH MENGGUNAKAN MADU

Sahabat mq, mungkin sahabat pernah atau bahkan sering mengalami bibir kering dan pecah-pecah, terlebih kala...
Read More
KHAZANAH MQ MQ PEDIA