ADAB MAKAN DALAM ISLAM TERNYATA MEMBUAT SEHAT DAN LEBIH MENAMBAH NIKMAT

Sahabat ternyata begitu sempurna agama yang telah di karuniakan Allah kepada kita yaitu ISLAM dengan seluruh aspek di dalamnya, semuanya detail tersusun rapih itu semua ternyata tidak lain untuk diri kita sendiri yang melakukan amalan kebaikan tersebut

jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat maka kejahatan itu bagi dirimu sendiri (QS Al Isra’ ayat 7)

Salah satu kebaikan yang bisa kita lakukan langsung adalah memperhatikan adab. Adab yang ternyata selain memperindah amal kebaikan memiliki banyak manfaat yang sangat luar biasa bagi kehidupan manusia. Mengenai adab yang sangat banyak sekali sebagai pengiring setiap amalan di keseharian, kali ini kita coba kupas terlebih dahulu adab yang paling mudah kita amalkan dan berharap kita bisa langsung merasakan manfaatnya, adalah adab makan dan minum.

Adab Makan dan Minum yang ternyata berdampak positif bagi kesehatan

Sahabat, ternyata Allah dan Rasul Nya tidak semata-mata menganjurkan dan melarang hamba-Nya serta Umatnya kalau tidak ada hikmah atau kebaikan baginya. Begitu indahnya islam sampai hal yang paling kecilpun diperhatikannya. Mungkin selama ini kita tidak sadar kalau hal-hal yang sepele tersebut berdampak besar bagi kesehatan kita, seperti contohnya dalam hal Adab makan dan minum, mungkin secara sekilas hal itu hanya sekedar aturan semata tapi tahukah sabat? Hal itu bukan hanya sekdar aturan tapi ada hikmah dan dampak positif bagi kesehatan manusia. Berikut adab makan dan minum yang berdampak kepada kesehatan manusia :

Adab pertama,  adalah memilih makanan yang halal juga baik bagi diri kita.

“Dan makanlah makanan yang halal lagi baik(thayib) dari apa yang telah dirizkikan kepadamu dan bertaqwalah kepada Allah dan kamu beriman kepada-Nya” (QS Al maidah : 88)

Makanan yang halal lagi baik ternyata sahabat merupakan adab  pertama yang perlu kita perhatikan karena memilih berarti sama halnya kita berniat, dan segala sesuatu tergantung niat nya, dengan niat memilah milih makanan yang baik lagi halal, tentu kita akan meraih kesehatan dan keberkahan insyaAllah.

Makanan yang halal adalah makanan yang jauh dari hal yang di larang Allah SWT. Berikut dalam firman Nya makanan yang haram atau tidak boleh dimakan :

Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.” (QS. Al Maidah: 3).

Adab yang ke dua,  adalah makan dan minum dengan posisi duduk.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kalian makan dan minum sambil berdiri. Apabila dia lupa maka hendaknya dia muntahkan.”

Dalam hadist ini jelas bahwa Rasulullah saw melarang kita untuk tidak makan dan minum sambil beridiri. Adapun tahukah sahabat apa hikmah dari dilarangnya kita makan dan minum jangan sambil beridi dan diharuskan harus sambil duduk, yaitu makan dan minum sambil berdiri dapat mengganggu bahkan merusak sistem pencernaan, dan ginjal tidak dapat melakukan proses penyaringan dengan baik.

Adab ketiga, dalam makan adalah makan dan minum hendaklah dengan tangan kanan.

berdasarkan hadits Ibnu Umar radhiallahu’anhuma:  “jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya” (HR. Muslim no. 2020).

Dan dari segi kesehatan dan norma juga sudah jelas bahwa kita dianjurkan untuk makan dan minum dengan tangan kanan , secara norma tidak sopan atau tidak beradab ketika kita makan pakai tangan kiri, serta dalam kesehatanpun terbukti kalau tangan kanan lebih higenis ketimbang dengan tangan kiri, karena sebagaimana sahabat ketahui kalau tanagn kiri suka digunakan untuk membersihkan (membasuh) dubur atau kemaluan setelah buang air.

Adab ke empat, adalah makan secukupnya dan tidak berlebihan.

Sebagaimana firman Allah swt dalam QS. Al-A’raf: 31

وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوٓا

“Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan.”

Dalam segi kesehatan makan dan minum secara berlebihan sangatlah tidak dianjurkan,karena hal tersebut merupakan sumber dari penyakit. Biasanya oarang yang berlebihan dalam makan dapat mengakibatkan kelebihan berat badan atau Obesitas, dan ketika sudah mengalami obesitas penyakit yang lainnya ikut bersarang seperti koleterol, diabetes, asam lambung, dan darah tinggi.

Ataupun dalam segi produktivitaspun kita akan terganggu jika kita makan secara berelebihan, yang efeknya dapat membuat kita malas dan mudah mengantuk.

Berikut diatas adab adab makan yang dapat membuat sehat dan membuat makan lebih nikmat, jadi marilah sahabat kita melaksanakan adab-adab makan diatas selain kita mendapat pahala karena mengikuti tuntunan dan anjuran Rasulullah saw, sahabat juga dapat mersakan dampak positif dari membiasakan suatu hal yang telah dicontohkan oleh Rasul, kaerana sekali lagi tidaklah Rasulullah saw menganjurkan atau melarang sesuatu kalau tidak ada hikmah atau dampak positif yang terkandung, hanya disini tugas kita perlu mengimani sunnah-sunnah nya, mengamalkannya, serta menggali hikmah atas penetapannya. Insyaa Allah semuanya akan berkah dan bernilai pahala, Huwallahu A’lam Bissowwab.

 

 

 

 

Baca juga:

ADAB MAKAN DALAM ISLAM TERNYATA MEMBUAT SEHAT DAN LEBIH MENAMBAH NIKMAT

Sahabat ternyata begitu sempurna agama yang telah di karuniakan Allah kepada kita yaitu ISLAM dengan...
Read More
KHAZANAH MQ

LSM: 24 Juta Anak-anak Di Wilayah Konflik Butuh Dukungan Kesehatan Mental

AMANPALESTIN.ID - Sekitar 24 juta anak yang tinggal di daerah konflik akan memerlukan dukungan kesehatan mental, Save...
Read More
BERITA DUNIA ISLAM MQ NEWS

3 JENIS CARA PENGABULAN DO’A

Do’a merupakan senjatanya umat muslim, karena sebagaimana firman Allah swt dalam Qur’an Surat Al-mukmin ayat...
Read More
KHAZANAH MQ

TAFSIR Q.S AN-NISA AYAT 100

Jika mendengar kata hijrah kita akan teringat mengenai kisah sirah nabawi sekaligus trand saat ini....
Read More
KHAZANAH MQ MQ PEDIA

BAHAGIA MENEMPUH JALAN HIJRAH BERSAMA KELUARGA

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam Q.S. At-Taubah ayat 20-22 yang artinya “Orang-orang yang beriman...
Read More
MQ PEDIA RUMAHKU SYURGAKU