HAK MUSLIM TERHADAP MUSLIM YANG LAIN

Sahabat mq, sebelumnya kita sudah membehas pada artikel sebelumnya yakni di http://www.mqfmnetwork.com/1978-2/  mengenai “seksama muslim itu adalah ikhwah (bersaudara)”, jika kita menggali lagi pada kata ikhwah (إخوة), kata ikhwah adalah bentuk jamak dari kata akh (أخ), yang artinya saudara. Kata ikhwah biasanya digunakan untuk persaudaraan sekandung, sedangkan kata ikhwan (إخوان) yang juga bentuk jamak dari kata akh, untuk persaudaraan yang tidak sekandung. Seakan-akan menjelaskan bahwa persaudaraan kaum mukminin lebih kuat daripada ikatan darah saudara kandung.

Mungkin selama ini kita menganggap bahwa saudra itu adalah yang memiliki hubungan darah atau memiliki silsilah keturanan dengan kita, namun jauh dari itu, yang dimaksud dengan persaudaraan dalam Islam adalah persaudaraan yang diikat oleh tali aqidah (sesama muslim) dan persaudaraan karena fungsi kemanusiaan (sesama manusia makhluk Allah Swt.)

Arti persaudaraan

Arti dari persaudaraan tersebut ialah bahwa yang kuat menolong yang lemah, yang kaya mengasihani yang miskin, dan yang berdaya serta bertenaga membantu yang sudah tidak berdaya dan tak bertenaga. Jadi yakni selaras dengan beberpa hadist nabi yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya (http://www.mqfmnetwork.com/1978-2/) bahwa kita selaku umat muslim, hendaklah harus memiliki rasa simpati, empati, dan kepedulian kepada seksama muslim lainnya. Karena sebagaimana kita ketahui juga bahwa kita bersaudara itu tidak hanya cakupannya di dunia saja, melainkan sampai akhirat nanti, yang tentunya jelas akan dipertanggung jawabkan persaudaraan kita nanti di yaumil hisab. Oleh karena itu kita pun hendaknya harus memenuhi hak-hak kita sebagai seorang muslim dengan seksama muslim lainnya, agar ukhuwah yang kita jalin di dunia ini, Allah ridha dan senantiasa Allah kumpulkan kembali kelak di surgaNya.

6 hak kepada sesama muslim

Berbicara hak-hak seorang muslim, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda bahwa ada 6 hak yang harus dipenuhi selaku umat muslim terhadap muslim lainnya. Berikut sabdanya :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ اَنَّ رَسُوْلَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قاَلَ حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ أِذَا لَقِيْتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَأِذَا دَعَاكَ فَأَ جِبْهُ وَأِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ وَأِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللهَ فَسَمِّتْهُ وَأِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ وَأِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ ( أخرجه مسلم)

Artinya:

Dari Abu Hurairah r.a., dia berkata bahwa Rasul saw bersabda : ”Hak seorang muslim terhadap sesama muslim itu ada enam: (1) jika Anda bertemu dengannya maka ucapkanlah salam atasnya, (2) jika dia mengundang Anda maka penuhilah undangnnya, (3) jika dia meminta nasihat kepada Anda maka berilah nasihat padanya, (4) jika dia bersin dan mengucapkan Alhamdulillah maka doakanlah dengan yarhamukallah, (5) jika dia sakit maka jenguk (besuk) lah, dan (6) jika dia meninggal dunia maka antarkanlah jenazahnya.” ( H.R. Muslim)

Hak muslim adalah perintah yang dituntut untuk dikerjakan

Hak muslim adalah perintah yang dituntut untuk dikerjakan, benar-benar ditekankan dan jangan sampai ditinggalkan. Hak ini mencakup wajib ‘ain, wajib kifayah, dan perkara yang hukumnya sunnah. Jelas adanya hendaklah kita melaksanakan ke enam hak kita terhadap saudara muslim lainnya, karena jika hak-hak saudara muslim lain kita penuhi maka hubungan persaudaraan kita akan semakin erat dan tentunya mendatangkan ridho Allah swt. Dan ketika Allah sudah ridha atas apa yang kita lakukan, maka tidak lain Allah pun akan memberikan hak nya kepada kita yaitu berupa ganjaran berupa surga.

Oleh karenanya sahabat mq, marilah kita tengok kembali  kepada diri pribadi kita, apakah kita sudah melaksanakan hak-hak saudara kita seperti yang rasulullah sabdakan, apakah kita masih egois dengan diri kita, sehingga kita enggan atau sangat berat hanya sekedar mengucapkan salam terhadap saudara muslim kita, apakah kita masih sulit untuk menengok saudara kita ketika saudara semuslim kita sedang sakit. Mungkin sangat jauh bagi kita jika kita bisa berempati dengan turun langsung ke medan pada saudara-saudara muslim kita yang sedang dirungut komplik seperti di palestina, Uighur, Syuriah, dan Rohingya. Jauh dari itu mungkin kita bisa melakukan ke enam hak yang rasulullah sabdakan dalam hadist ke saudara muslim terdekat kita dengan semaksimal mungkin. Dengan hal itu maka tali persaudaraan kita dengan seksama muslim akan semakin kuat, yang harapannya seluruh umat muslim di dunia semakin solid, dan mengembalikan kejayaan islam kembali.

 

 

 

 

 

ARTIKEL TERBARU

  • Menolong dengan Rasa Ikhlas

    Manusia adalah makhluk individu dan sekaligus makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia dituntut untuk melakukan interaksi dengan individu yang lain dalam rangka untuk memenuhi kebutuhannnya.…

    Read More
  • Ketika Nabi Musa Mengingatkan Tentang Nikmat Allah

    Nabi Musa mengingatkan kepada kaumnya tentang nikmat Allah terdapat dalam Al-Qur’an surah Al-Maidah ayat 20-26: وَإِذْ قَالَ مُوسَى لِقَوْمِهِ يَا قَوْمِ اذْكُرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ…

    Read More
  • Makanan-Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan

    Sudah menjadi hal yang biasa ketika makanan tidak habis akan dipanaskan kembali ketika ingin dikonsumsi kemudian. Makanan dipanaskan dengan tujuan agar tidak basi dan menghemat…

    Read More